Logo Eventkampus

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Daun sirih adalah tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air sehingga daun sirih rendah lemak dan kalori. daun sirih juga memiliki kemampuan membunuh bakteri dan jamur serta memiliki peran sebagai antioksidan. Manfaat daun sirih yang sudah sejak lama digunakan adalah sebagai antiseptik untuk pengobatan luka bakar. Berikut manfaat daun sirih untuk kesehatan :

1.       Membantu penyembuhan luka

Karena memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, hal ini membuat daun sirih mampu mengatasi stres oksidatif sehingga mampu membantu proses penyembuhan luka dengan lebih cepat. Cara mengolahnya, Anda hanya perlu mengoleskan daun sirih pada luka dan setelahnya tinggal dibungkus dengan perban. Luka ini pun akan bisa segera sembuh hanya dalam 1-2 hari saja.

2.       Menghilangkan bau tak sedap

Kandungan antiokksidan betiephenol, eugenol, serta chavicol yang ada dalam minyak atsiri daun sirih berguna untuk membunuh kuman serta mencegah radang. Oleh karena itu, daun sirih sangat berjasa menghilangkan aroma tak sedap, seperti bau pada mulut, bau badan, dan juga organ keintiman. Caranya, rebus beberapa daun sirih yang sudah tua dan minum air rebusan daun tersebut.

3.       Mengatasi gangguan pencernaan

Daun sirih dipercaya mengatasi rasa tidak nyaman pada perut. Mengkonsumsi air rebusan daun sirih dapat membantu perut menyerap mineral dan berbagai nutrisi dari makanan. Selain itu, anda juga bisa mengoleskan minyak sirih pada perut yang terasa tidak nyaman.

4.       Menyembuhkan keputihan

Salah satu cara mengatasi keputihan ialah dengan memanfaatkan air rebusan daun sirih untuk membasuh area keintiman.

5.       Mengatasi sakit tenggorokan

Karena kaya akan kandungan antioksidan, daun sirih memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Cukup banyak obat-obatan yang menggunakan bahan alami dari daun sirih karena mampu mengatasi demam hingga sakit tenggorokan.

6.       Mengurangi rasa sakit saat haid

Rasa sakit saat haid dapat di netralisir oleh daun sirih. Caranya dengan, rebus daun sirih bersama dengan kunyit dan gambir lalu minum air rebusan tadi. Anda dapat juga menambahkan mahkota dewa serta umbi dewa ke dalam air rebusan tadi.

7.       Membantu menurunkan berat badan

Rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirih memberikan efek positif, yaitu sistem metabolisme dalam tubuh meningkat. Khasiat lainnya ialah dapat membuat sekresi pencernaan ikut meningkat sekaligus menghilangkan kadar air berlebihan atau racun dari dalam tubuh. Sedangkan serat pada daun sirih membantu menurunkan kadar lemak dari dalam tubuh sekaligus mengatasi sembelit. Hal itu tentu akan membuat berat badan menurun.

 

8.       Menghilangkan jerawat

Daun sirih dipercaya dapat membantu menghilangkan jerawat. Caranya dengan membersihkan jerawat dengan air rebusan daun sirih.

9.       Menurunkan depresi

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa khasiat daun sirih juga berguna untuk mengendalikan gejala depresi. Saat Anda mengunyah atau meminum air rebusan daun  sirih, hal itu bisa membuat otak untuk memproduksi banyak hormon serotonin yang membuat Anda lebih bahagia.

10.   Obat batuk alami

Daun sirih juga dapat menjadi obat batuk alami. Caranya rebus daun sirih merah lalu minum air rebusannya 2 kali sehari hingga batuk reda.  Untuk kasus yang lebih parah seperti bronkitis, anda bisa meningkatkan dosisnya menjadi 3 kali sehari.

Bukan hanya itu, masih banyak manfaat daun sirih untuk kesehatan seperti:

1.       Menyembuhkan luka bakar.

2.       Mengatasi mimisan.

3.       Mengobati penyakit jantung.

4.       Menghentikan pendarahan pada gusi.

5.       Obat alergi.

6.       Mengobati sakit telinga.

7.       Menyembuhkan radang paru-paru.

8.       Menyembuhkan asma.

9.       Meningkatkan nafsu makan.

10.   Minyak pijat untuk sakit punggung.

Demikian artikel tentang manfaat daun sirih untuk kesehatan. Meskipun banyak manfaatnya, lebih baik kita konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Sumber: doktersehat.com

                Honestdocs.id

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar