Logo Eventkampus

Cara menambah tinggi badan di Usia Dewasa

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara menambah tinggi badan di Usia Dewasa

     Memiliki postur tubuh yang tinggi menjadi idaman sebagian besar orang. Alasannya, badan yang terlihat pendek berpengaruh pada tingkat percaya diri yang rendah. Selain itu harus diakui, dengan memiliki tinggi badan yang ideal tidak hanya menunjang penampilan tapi juga bisa berpengaruh pada karir, dan kehidupan secara menyeluruh. Untuk itu, memiliki tubuh dengan tinggi badan yang ideal sangatlah menjadi dambaan bagi setiap orang.

    berikut ini cara meninggikan badan pada saat usia dewasa.


   1.    Mengonsumsi makanan bergizi

Umumnya, tulang yang semakin rapuh di usia dewasa dapat membuat perawakan tubuh kita tampak lebih bungkuk dan pendek dari seharusnya. Ini karena tulang sudah tidak cukup kuat untuk menahan beban badan yang notabene terus bertambah. Makanan sumber protein, vitamin D, dan kalsium adalah pilihan terbaik untuk menjaga tulang tetap kuat. Susu sapi contohnya. Selain tinggi kalsium dan protein, susu juga mengandung hormon pertumbuhan bernama insulin-like growth factor-1 (IGF-1) yang penting untuk mendukung pertumbuhan panjang tulang.

 

   2.    Tidur yang cukup

Selama tidur malam, tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan manusia (HGH). Produksi hormon ini akan berkurang apabila kita “hobi” begadang atau kurang tidur. Orang dewasa rata-rata disarankan untuk cukup tidur selama 7-8 jam setiap malam.

 

   3.    Jaga postur tubuh

Berbagai kebiasaan buruk yang kita lakukan sehari-hari tanpa sadar juga bisa membuat postur tubuh terlihat pendek. Misalnya duduk, berdiri, dan berjalan membungkuk. Maka dari itu, perbaikilah postur tubuh agar tulang bekalang jadi lebih selaras sehingga perawakan tampak lebih tinggi semampai.

 

Postur posisi duduk, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut:

Ø  Usahakan saat duduk di kursi kantor, kaki menapak rata pada permukaan lantai.

Ø  Sesuaikan agar paha sejajar dan kaki tetap menapak di lantai.

Ø  Hindari menyilangkan kaki saat duduk.

Ø  Topang punggung pakai bantal kecil agar tidak membungkuk tanpa disadari.

Istirahatkan bahu jika pegal dengan sandarkan bahu pada sanggahan tempat duduk.

   4.    Melatih atau menguatkan otot tubuh

Kencangkan otot inti tubuh dengan rutin melakukan plank, push-up, atau crunch.

 

Bagian otot tengah tubuh yang kuat dapat membantu seseorang mempertahankan postur yang baik dan terlihat lebih tinggi. Otot-otot yang harus diperkuat adalah otot-otot di perut dan otot di sepanjang tulang belakang. Otot-otot ini akan membantu menopang tulang belakang. Ketika otot-otot ini terlalu lemah, dan tulang belakang tidak didukung dengan benar, tubuh lambat laun bisa membungkuk.

 

   5.    Berolahragalah secara teratur

Salah satu contoh, Cobalah untuk rutin bermain basket misalnya seminggu minimal satu kali.

 

Banyak pemain basket yang memiliki tubuh tinggi menjuntai di atas rata-rata. Ini karena memang benar main basket dan olahraga lain yang banyak mengunakan gerakan melompat bisa membuat tubuh lebih tinggi. Saat main basket, tubuh akan banyak berlari dan loncat melawan gaya gravitasi sehingga otot badan belakang dan tulang belakang teregang secara maksimal.

 

   6.    Berenang

Berenang adalah cara meninggikan badan yang dipercaya sejak zaman dulu dan ternyata memang benar manjur. Saat berenang, tubuh akan bergerak melawan gravitasi dan arus air sehingga melatih kekuatan keseluruhan otot tubuh. Berenang membantu memperbaiki dan menjaga postur tubuh tetap tegak sehingga perawakan akan terlihat lebih tinggi tegap.

Sumber artikel:KOMPAS.com

Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Komentar