Logo Eventkampus

Manfaat Memakai Kacamata Hitam dan Tips memilih kacamata Yang Baik

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Manfaat Memakai Kacamata Hitam dan Tips memilih kacamata Yang Baik

Sinar matahari pagi memang baik untuk kesehatan. Tapi, lain halnya dengan sinar matahari pada saat tengah hari. Radiasi sinar ultraviolet (UV) paling kuat terjadi antara pukul 10 pagi sampai pukul 4 sore. Radiasi UV dapat membahayakan kesehatan mata, sehingga mata butuh perlindungan berupa kacamata hitam.

sebenarnya kacamata hitam juga memiliki fungsi kesehatan yang jarang disadari penggunanya. Bahkan kamu sangat dianjurkan untuk mengenakan kacamata hitam setiap beraktivitas di luar ruangan.

Yuk, cari tahu manfaat dari penggunaan kacamata hitam bagi mata pada artikel dibawah ini.

   1.    Melindungi mata dari paparan sinar matahari

Pada saat beraktivitas di luar ruangan, sinar matahari yang terik bisa mempengaruhi kondisi kesehatan mata kamu. Memandang sinar matahari dengan mata telanjang dalam jangka waktu tertentu, bisa membuat bola mata terbakar. Hal ini mirip seperti bagaimana sinar matahari membakar kulit kamu setelah lama berpanas-panasan atau berjemur. Karena itu, kamu disarankan untuk menggunakan kacamata hitam saat berkendara, di pantai, maupun bekerja di luar ruangan.

   2.    Mencegah penyakit mata

Pada saat kamu beraktivitas diluar ruangan tetapi tidak memakai kacamata hitam, mata kamu pati terkena paparan sinar UV. Bahkan sinar UV juga diduga menjadi penyebab timbulnya penyakit mata lainnya, seperti pterygium, pinguekula (benjolan kuning pada selaput tipis di bagian putih mata) dan degenerasi makula. Dengan menggunakan kacamata hitam, kamu akan meminimalisir risiko terkena penyakit mata tersebut.

   3.    Mencegah kerusakan pada mata

Paparan sinar UV dari matahari pada mata bukan hanya bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit kelopak mata, tapi bagian mata lainnya seperti kornea, lensa dan retina juga bisa mengalami kerusakan. Kacamata hitam berfungsi untuk melindungi mata dari paparan sinar UV, sehingga kamu dapat terhindar dari dampak buruk sinar tersebut.

   4.    Mencegah terkena penyakit keratitis

Penyakit Keratitis, penyakit ini disebabkan oleh paparan sinar matahari langsung jika kamu berjemur terlalu lama di bawah sinar matahari tanpa menggunkan kacamata hitam. Gejalanya berupa sensasi perih dan mata bengkak akibat kornea yang mengalami peradangan. Itulah mengapa penting sekali menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

 

 

 

Tips dalam memilih kacamata hitam yang baik

1.    Memiliki Frame yang Besar

Pilihlah kacamata hitam yang memiliki bingkai yang cukup besar untuk menutupi mata kamu dan sekitarnya. Hal ini penting untuk mencegah sinar UV masuk dari sisi-sisi mata.

     2.  Memiliki Lensa yang Mampu Menghadang Cahaya

Kacamata hitam yang baik juga harus memiliki lensa yang mampu memblokir 75 persen cahaya yang masuk. Bahkan para pakar kesehatan mata menyarankan untuk memilih kacamata hitam dengan lensa yang mampu menyaring hampir seluruh sinar ultraviolet A dan B.

     3. Warna Kegelapan Lensa Merata

Selanjutnya, carilah lensa yang memiliki warna atau kegelapan lensa yang merata. Kamu bisa memegang kacamata hitam dengan lengan lurus ke depan untuk mengujinya. Kemudian lihat lurus objek yang jauh melalui kacamata tersebut. Bila objek yang kamu lihat menjadi melengkung atau terdistorsi setelah kamu menggerakan kacamata perlahan secara horizontal, berarti lensa tersebut tidak memenuhi syarat. Tapi ingat, tidak ada jaminan bahwa lensa berwarna gelap mampu menangkal sinar ultraviolet yang berbahaya.

 sumber artikel:

https://www.halodoc.com

Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Komentar