Logo Eventkampus

Tempat Wisata yang Lagi Hitz di Karanganyar

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Tempat Wisata yang Lagi Hitz di Karanganyar

Karanganyar adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang udaranya terkenal sejuk. Kesejukan tersebut tak bisa dipungkiri berkat keberadaan dataran rendah lembah. Ingin tahu apa saja objek wisata di sekitar Karanganyar Jateng yang pas untuk liburan bersama teman maupun keluargamu? Mari kita simak dalam pembahasan berikut ini.

 

Air Terjun Jumog
Buat yang suka wisata alam dan main air, datang saja ke Air Terjun Jumog karena tempatnya masih sangat asri dan sejuk dengan aliran air yang begitu segar. Kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam yang begitu menyejukkan, bikin suasana hatimu semakin adem. Selain bersantai dan foto-foto, kamu juga bisa berburu kuliner khas di tempat ini, salah satunya adalah sate kelinci.

Lokasi: Gandu, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Air Terjun Parang Ijo

Akses jalan menuju ke lokasi air terjun tidak terlalu sulit sehingga sangat cocok buat acara rekreasi keluarga. Suasana alamnya sangat sejuk dengan lingkungan yang begitu asri membuat kamu semakin betah. Selain bermain air dan menikmati kesejukan alamnya, kamu juga bisa mencoba permainan flying fox atau menikmati keindahan alam dari atas gardu pandang.

Lokasi: Mlinggur, Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Air Terjun Pringgodani

Memiliki ketinggian lebih dari 100 meter, Air Terjun Pringgodani menyajikan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Lokasi air terjun cukup sulit untuk diakses sehingga butuh perjuangan ekstra untuk mencapainya. Sangat cocok buat kamu yang suka petualangan. Selain terlihat eksotis, air terjun ini juga sarat akan nuansa mistis karena sering digunakan untuk ritual tertentu.

Lokasi: Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Grojogan Jurang Jero

Lokasinya cukup tersembunyi dan bisa menjadi pilihan asik buat liburan ala petualang. Sangat cocok buat menenangkan diri dan sejenak menyingkir dari hiruk pikuk kota. Suasana alam pedesaan yang teduh dan sejuk dengan suara gemericik air terdengar begitu menenangkan, bikin betah dan adem pikiran.

Lokasi: Gerdu, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Air Terjun Sewawar dan Sedinding

Dua air terjun ini letaknya cukup berdekatan sehingga kamu bisa mengunjunginya sekaligus. Menuju ke lokasi air terjun kamu bakal dimanjakan dengan keindahan alam sekitar yang asri dan sejuk, membuat perjalananmu tidak terasa melelahkan. Sangat cocok buat acara liburan dengan konsep petualangan seru.

Lokasi: Dukuh Sekarang, Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Kedung Pengaron

Disebut Kedung Pengaron karena dua cekungan di hulu sungai ini terlihat seperti â€œkaron” atau tempat menanak nasi. Aliran airnya cukup deras dan hangat di pagi hari sehingga sangat cocok buat acara basah-basahan atau sekedar merelaksasi tubuh.

Lokasi: Banaran, Desa Selomoro, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Kedung Sriti

Menuju ke lokasi kedung kamu harus melewati jalur yang cukup ekstrem dengan menuruni jurang. Namun perjuanganmu tidak akan sia-sia karena keindahan air terjun setinggi 10-15 meter nan eksotis di depan mata. Suasana yang sepi dengan lingkungan alam yang begitu asri sangat cocok buat mencari secuil ketenangan setelah lelah beraktivitas.

Lokasi: Pancot, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Rumah Hobbit Lembah Semillir

Salah satu destinasi wisata kekinian di Karanganyar yang bukan hanya indah dipandang tetapi juga menyediakan beberapa spot foto kece di dalamnya. Salah satunya adalah Rumah Hobbit yang banyak dijadikan tempat selfie oleh para pengunjung. Selain itu ada menara kincir angin, spot foto ayunan dll yang tidak kalah keren buat diabadikan.

Lokasi: Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Bukit Paralayang

Berada di kawasan kebun teh, Bukit Paralayang menyajikan keindahan alam yang begitu asri dengan hamparan kebun teh yang sejuk dipandang. Di kawasan ini kamu bisa berkemah dan menikmati malam di atas ketinggian dengan suasana yang begitu syahdu. Kamu juga bisa mencoba sensasi seru naik paralayang dengan instruktur yang sudah berpengalaman.

Lokasi: Segorogunung, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Bukit Sekipan

Bukit Sekipan menawarkan sensasi liburan seru dengan ragam fasilitas yang cukup lengkap di dalamnya. Tersedia waterboom dengan wahana permainan seru, taman, rumah halloween, arena outbound dengan jembatan goyang, flying fox, dan trampolin. Serta miniatur Ka’bah, area lempar jumrah, area untuk sa’i, dll yang akan membuat liburanmu di Bukit Sekipan semakin asik.

Lokasi: Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Watu Kandang

Salah satu situs bersejarah di Karanganyar yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Bangunan berupa batu-batu besar dengan formasi temu gelang ini diperkirakan merupakan peninggalan zaman megalitik tua. Sangat cocok buat wisata sejarah dan edukasi. Tempatnya juga bagus untuk keperluan fotografi dengan pemandangan indah di sekitarnya.

Lokasi: Karangbangun, Kecamamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Tenggir Park

Salah satu tempat wisata alam dengan konsep kekinian yang menarik untuk acara liburan di akhir pekan. Letaknya yang berada di kaki Gunung Lawu menyuguhkan panorama alam yang indah dan sejuk, bikin suasana hati semakin adem.

Ada banyak spot kece yang bisa kamu explore di tempat ini. Seperti sepeda layang, rumah Honai khas Papua, ranjang layang, air terjun bidadari, gardu pandang dan rumah pohon, kolam renang, permadani terbang, hingga taman bunga yang instagenic. Dijamin hobby selfiemu bakal terpuaskan di tempat ini!

Lokasi: Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Sapta Tirta Pablengan

Sesuai dengan namanya, tempat ini menyuguhkan tujuh mata air yang dianggap ajaib karena memiliki keunikan dan manfaat masing-masing. Yaitu sumber air bleng, sumber air hangat, sumber air kasekten, sumber air hidup, sumber air mati, sumber air soda, dan sumber air urus-urus.

Di antara 7 sumber air tersebut, sumber air mati tidak bolah digunakan karena mengandung mineral yang berbahaya, bahkan untuk sekedar cuci muka pun tidak diperbolehkan. Sementara 6 sumber air lainnya memiliki manfaat untuk kesehatan.

Lokasi: Pablengan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Taman New Balekambang

Taman wisata ini memiliki konsep yang mirip dengan Merapi Park di Kaliurang dengan berbagai macam miniatur ikon wisata di dunia. Seperti Tembok Besar China, Bukit Hollywood, Menara Eiffel dan Gerbang Arch de Triomphe Perancis, Candi Borobudur, Piramid dan Sphinx Mesir, serta patung Merlion Singapura.

Selain itu terdapat banyak fasilitas pelengkap seperti taman bermain, arena outbound dan flying fox, ATV, dll yang akan membuat liburanmu semakin asik.

Lokasi: Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Wisata Tubing Goa Sari (Banyu Bening Arena)

Buat kamu yang suka kegiatan outdoor dengan sensasi liburan seru bisa mencoba wisata tubing Goa Sari, yang tidak kalah seru dengan tubing di Goa Pindul yang sudah begitu terkenal. Kamu akan diajak untuk menyusuri keindahan sungai dan alam sekitarnya dengan menggunakan ban yang pastinya seru.

Selain river tubing, beberapa fasilitas seperti kolam renang, rumah pohon, bola air, taman bermain dan restoran yang akan membuat liburanmu semakin lengkap.

Lokasi: Desa Punthukrejo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Waduk Lalung

Akses menuju ke lokasi waduk cukup mudah dengan pemadangan alam yang begitu mempesona. Suasana yang tenang dengan panorama waduk yang indah sangat cocok untuk refreshing atau sekedar bersantai. Kamu bisa berjalan-jalan sembari menikmati suasana waduk, memancing atau berburu spot foto kece di tempat ini.

Lokasi: Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Waduk Gondang

Belum lama diresmikan, Waduk Gondang menawarkan sensasi liburan asik dengan pemandangan sekitar waduk yang menawan. Selain berfungsi untuk pengairan dan pembangkit tenaga listrik, di waduk ini juga terdapat dua area swafoto yang bisa kamu manfaatkan untuk melengkapi koleksi foto liburanmu. Salah satunya adalah jembatan batik yang begitu unik.

Lokasi: Sidomulyo, Gempolan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Bale Branti

Destinasi wisata ini sebenarnya merupakan sebuah kafe dengan konsep outdoor yang menyajikan pemandangan kebun teh nan asri.  Bukan hanya menikmati menu kuliner yang menggugah selera, kafe ini juga menyediakan spot foto cantik buat foto-foto, sangat recommended buat memuaskan hobby fotografimu.

Lokasi: Jalan Kaliondo No. 1, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.



Read more https://nyero.id/tempat-wisata-di-karanganyar/

Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Artikel Terkait

WISATA TERBARU DAN POPULER DI KARANGANYAR
11 Juli 2018
Spot wisata di Karanganyar, nomor 2 pasti sudah tau...
07 Februari 2020
Wisata sapta tirta
24 Februari 2020
Keindahan wisata alam dan wisata sejarah taman hutan raya K. G. P. A. A. Mangkunegara I
27 Februari 2020

Komentar