Logo Eventkampus

WISATA TERBARU DAN POPULER DI KARANGANYAR

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
WISATA TERBARU DAN POPULER DI KARANGANYAR

WISATA TERBARU DI KARANGANYAR

Karanganyar merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Berlokasi sekitar 14 Km dari kota Solo atau Surakarta.

Nama Karanganyar mungkin tidak setenar Solo, tetapi di sana terdapat banyak lokasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan kebanyakan paket wisata ke Kota solo akan menyertakan tempat wisata area Karanganyar.

Tempat Wisata di Karanganyar yang menjadi destinasi terfavorit adalah wisata alam yang berada di lereng Gunung Lawu. Di sana ada banyak tempat-tempat menarik nan asri yang akan memberi ketenangan batin bagi sisapa saja yang mengunjunginya.

Selain itu, di Kabupaten Karanganyar ini juga terdapat candi-candi yang terlihat gagah ketika dijadikan sebagai objek foto. Candi-candi tersebut juga masih aktif digunakan oleh pemeluk agama Hindu di sekitar sana.

1. Taman Hutan Raya (Tahura) Karanganyar
Wisata Karanganyar yang satu ini hampir sama dengan tempat wisata sebelumnya kawasan wisata taman hutan raya atau tahura memiliki aneka fasilitas menarik bagi para wisatawan. Fasilitas tersebut di antaranya adalah camping ground, outbond, dan . Tak hanya itu, Tahura juga punya jalur trekking tertata bagi pecinta hiking untuk jalur pendakian Gunung Lawu, serta wisata pendidikan flora fauna.
Selain itu didalam kawasan wisata taman hutan raya atau tahura memiliki puluhan koleksi tumbuhan asli Gunung Lawu. Selain memiliki puluhan koleksi tumbuhan asli kawasan wisata taman hutan raya juga mengkoleksi bermacam hewan, seperti rusa timor, rusa tutul, kancil, merak, ayam hutan, dan aneka burung.

2. Telaga Madirda
Wisata Karanganyar atau wisata Telaga Madirda terletak di di Dusun Tlogo, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Telaga Madirda merupakan salah satu telaga alami yang berada di lereng Gunung Lawu wilayah kabupaten Karanganyar. Memang keberadaannya wisata Telaga Madirda masih jarang diketahui wisatawan karena belum sepenuhnya dikembangkan sebagai kawasan wisata. Hampir seluruh wisatawan yang berkunjung di lereng Gunung Lawu hanya mengetahui Telaga Sarangan sebagai obyek wisata telaga atau danau. Jadi sangat disayangkan sekali jika tidak dikembangkan, tetapi mungkin saat ini sudah ada pihak yang mengembangkannya. Tempat ini sebetulnya memiliki dayatarik panorama yang yang cukup indah dan eksotis, jadi sangat menarik untuk dieksplor lebih jauh.
3. Watu Kandang
Wisata Karanganyar atau wisata Situs Watu Kandang merupakan situs peninggalan jaman prasejarah yang terletak di Dukuh Ngasinan Lor, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, yang merupakan peniggalan jaman Megalithikum atau sekitar2500 – 1500 Sebelum Masehi. Wisata Situs Watu Kandang ini merupakan tatanan batu-batu alam yang terstruktur secara teratur dan digunakan sebagai tempat pemujaan kapada alam semesta terutama menyembah gunung-gunung pada zamat tersebut.
Tetapi sekarang wisata Situs Watu Kandang dijadikan tempat wisata sejarah dan menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang berada di Kabupaten Karanganyar yang sangat banyak menarik para wisatawan untuk berkunjung ketempat ini.
4. Air Terjun Sewawar dan air terjun Sedinding Karanganya.
Wisata Karanganyar atau wisata Air Terjun Sewawar dan wisata air terjun Sedinding berlokasi di Dusun Sekarang, Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Karanganyar. Wisata Air Terjun Sewawar dan wisata air terjun Sedindingini telah di tetapkan sebagai destinasi wisata di Kabupaten Karanganyar sejak tahun 2015 dan hingga sekarang telah menarik banyak wisatawan. Tidak hanya wisatawan local atau wisata dari daerah Karanganyar saja yang sering mengunjungi tempat ini , tetapi banyak juga wisatawan dari daerah lain yang sering mengeksplor tempat ini

Jarak wisata Air Terjun Sewawar dan wisata air terjun Sedinding jika dari pusat kota Karanganyar berjarak sekitar 25 kilometer. Kedua air terjun ini memiliki ketinggian yang berbeda Tinggi air terjun Sewawar sekitar 25 meter dengan lebar dasar aliran sekitar 15 meter. Sementara itu tinggi air terjun Sedinding sekitar 7 meter dengan lebar dasar aliran sekitar 2 meter.

Penulis

foto wismaadiawang
wismaadiawang

Artikel Terkait

Tempat Wisata yang Lagi Hitz di Karanganyar
28 Agustus 2019
Spot wisata di Karanganyar, nomor 2 pasti sudah tau...
07 Februari 2020
Wisata sapta tirta
24 Februari 2020
Keindahan wisata alam dan wisata sejarah taman hutan raya K. G. P. A. A. Mangkunegara I
27 Februari 2020

Komentar