Logo Eventkampus

Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional

Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional

Bagi setiap pelajar pasti merasa takut jika menghadapi Ujian Nasional, karena ujian inilah yang menentukan hasil belajar kita selama bertahun-tahun untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sebelum menghadapi Ujian Nasional atau UN biasanya setiap siswa memiliki strategi masing-masing agar dapat sukses menjalankan ujian tersebut. Ujian Nasional 2019 kabarnya telah meggunakan soal yang membutuhkan daya nalar tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Soal dengan tipe HOTS ini juga akan digunakan pada Ujian Nasional 2019 dengan jumlah maksimal 15 sampai 20 persen. Jadi, apakah kalian sudah siap menghadapi Ujian Nasional yang sebentar lagi akan berlangsung? Agar kalian lebih siap menghadapi Ujian Nasional 2020 mendatang, kami sudah merangkum beberapa tips sukses menghadapi Ujian Nasional. Mau tahu apa tips nya? Simak rangkuman berikut ini.

1.       Mengikuti Bimbingan Belajar

Dengan mengikuti bimbingan belajar, kalian akan mendapatkan tambahan materi selain materi belajar di sekolah. Untuk sekarang ini banyak pilihan bimbingan belajar baik secara offline maupun secara online. Dengan mengikuti bmbingan belajar, biasanya kalian juga akan diberi beberapa materi tambahan dan prediksi soal.

2.       Ikuti Prosedur yang Berlaku

Biasanya pengawas akan membacakan prosedur atau tata tertib Ujian Nasional sebelum memulai Ujian, seperti dilarang membawa kalkulator, dilarang membawa handphone. Kalian wajib menaati prosedur atau tata tertib supaya lebih konsen dan sukses mengerjakan soal Ujian Nasional.

3.       Buat Kategori Soal Dengan Tanda

Kalian perlu strategi untuk mengerjakan soal-soal Ujian Nasional ini. Tidak semua soal ujjian sulit, biasanya akan dibagi menjadi 3 kategori soal yaitu sulit, sedang, dan mudah. Buatlah tanda untuk ketiga ketegori soal ini di kertas yang sudah kalian beri nomor. Kalian bisa memberikan tanda silang (x) untuk kategori soal sulit, tanda bulat (O) untuk soal sedang, dan tanda centang (V) untuk kategori soal mudah. Tanda-tanda inilah yang akan memudahkan kalian saat akan kembali mengerjakan soal-soal yang belum kalian jawab sebelumnya.

4.       Percaya Diri

Apabila persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari, dan sudah siap menghadapi ujian nasional, jangan sampai percaya diri tersebut hilang ketika kalian mendapatkan kunci jawaban dari teman. Karena dalam ujian nasional terdiri dari beberapa paket, yang tentunya setiap soal beda jawaban.

5.       Mengikuti Simulasi Ujian Nasional

Sebelum menghadapi ujian nasional, biasanya setiap sekolah akan mengadakan simulasi UNBK. Simulasi ujian nasional itu penting karena simulasi tersebut bertujuan untuk membiasakan siswa supaya tidak cemas menghadapi Ujian Nasional.

6.       Belajar Sesuai Kisi-kisi

Soal ujian nasional dengan konsep HOTS mungkin akan membuatmu lebih pusing dan bingung harus belajar darimana. Agar kalian tidak bingung dan bisa belajar lebih terarah, pelajari kisi-kisi soal ujian nasional yang sudah disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Dengan belajar berdasarkan kisi-kisi, kalian jadi tahu apa saja Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan kamu bisa lebih fokus belajar untuk materi yang akan diujikan.

7.       Mempelajari Soal-soal Ujian Nasional sebelumnya

Manfaatkan soal-soal ujian nasional sebelumnya dengan sebaik mungkin, karena biasanya soal ujian nasional di tahhun sebelumnya tidak jauh berbeda dengan soal ujian nasional saat ini.

8.       Jangan Lupa Berdoa dan Meminta Restu Orang Tua

Kepintaran manusia tidak berarti apabila kita tidak bersyukur kepada yang memberinya (Tuhan). Maka sebagai anak muda yang pintar sekaligus beragama, beribadah lah sesuai ketentuan agama masing-masing dan berdoa supaya diberi kelancaran selama ujian nasional berlangsung. Jangan lupa juga untuk meminta restu dari kedua orangtua. Orang tua adalah sosok yang berharga dalam kehidupan, mereka mampu membuat kamu tumbuh besar. Jangan sampai kamu mengecewakan mereka dan hargai keberadaan mereka, selagi mereka ada. Sebelum berangkat, minta maaf dan minta izin kepada mereka agar mereka selalu mendoakan kamu dan kamu pun bisa lebih lancar lagi dalam mengerjakan soal-soal Ujian Nasional nantinya.

Itulah beberapa tips menghadapi Ujian Nasional yang dapat kalian terapkan mulai dari sekarang. Berusahalah sekeras mungkin, agar kalian tidak menyesal dan bisa mendapatkan hasil yang kalian inginkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga kalian yang akan menghadapi Ujian Nasional mendapatkan nilai yang maksimal dan diberi kelancaran dalam mengerjakan soal.

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar