Logo Eventkampus

Manfaat dan efek samping dibalik Kapur Sirih

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat dan efek samping dibalik Kapur Sirih

Kapur sirih berbeda dengan kapur yang biasa digunakan untuk bahan bangunan, mengingat kapur sirih dapat dimanfaatkan untuk berbagai kesehatan serta makanan. 

Berikut Kegunaan Kapur Sirih :

1.Campuran produk makanan

Banyak orang menggunakan kapur sirih untuk membuat makanan jadi lebih renyah dan adonan lebih kalis. Beberapa makanan yang menggunakan kapur sirih sebagai campurannya di antaranya:

• Acar. Mau acar Anda renyah dan terasa segar? Kamu bisa menambahkan kapur sirih ke dalamnya. Kalsium dalam kapur sirih ternyata dapat berikatan dengan pektin, sehingga membuat acar jadi lebih renyah.

• Tepung jagung. Orang-orang di Amerika Tengah telah menggunakan kalsium hidroksida untuk memproses jagung selama ribuan tahun. Mereka merendam biji jagung mentah dalam air yang dicampur dengan kalsium hidroksida. Proses ini memudahkan untuk mengolah jagung menjadi tepung sekaligus membantu merangsang jagung agar mau melepaskan nutrisi penting, seperti niasin.

• Gula. Kalsium hidroksida juga dapat digunakan untuk proses pemurnian gula jenis tertentu. Sebagai contoh, tebu dan gula bit kadang diproses menggunakan proses pemurnian yang disebut karbonatasi. Selama karbonasi, larutan gula yang tidak diolah dicampur dengan kalsium hidroksida. Proses ini dapat menghilangkan kotoran dan meningkatkan stabilitas produk.

•Jus buah. Jus buah terkadang diperkaya dengan kalsium agar nilai gizinya bertambah banyi. Ada banyak cara untuk melakukannya, salah satunya dengan menambahkan kalsium hidroksida.

Tak hanya terbatas pada produk makanan, kalsium hidroksida juga bisa digunakan dalam pemrosesan beberapa minuman ringan dan minuman beralkohol.

2.Membantu Menghaluskan Kulit Wajah dari Flek atau Noda Hitam 

Flek hitam pada wajah akan mengurangi rasa percaya diri. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda atau flek hitam pada wajah salah satunya adalah dengan memanfaatkan kapur sirih. Cara penggunaan kapur sirih cukup mudah yaitu dengan cara mencapurkan kapur sirih dengan jeruk nipis, setelah itu usapkan pada bagian kulit yang memiliki flek hitam. Tunggu sekitar 10 menit, setelah itu barulah basuh dengan menggunakan air bersih. Kamu dapat melakukannya sebelum tidur

3.Membantu Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami 


Kegunaan kapur sirih yang berikutnya adalah membantu dalam menghilangkan bau ketiak secara alami. Bau ketiak menjadi permasalahan sendiri yang sangat mengganggu penampilan dan aktivitas sehari-hari. Untuk mencegah bau ketiak bisa menggunakan deodorant, selain itu untuk cara alami bisa dilakukan dengan memanfaatkan kapur sirih. Pada sebuah penelitian yang dilakukan bahwa kapur sirih aman untuk kulit ketiak, disamping itu mampu menyerap keringat dalam kurun waktu sekitar 12 jam. Oleh karena itu kapur sirih bisa digunakan sebagai deodorant alami. 

Untuk cara penggunaan kapur sirih sebagai penghilang bau ketiak

yaitu dengan mengoleskan kapur sirih pada ketiak kemudian membiarkannya kurang lebih selama 15 menit, barulah setelah itu membilasnya dengan air bersih

Bahaya dibalik manfaat Kapur sirih 

1.Botulisme

Berdasarkan laporan kasus, penggunaan kalsium hidroksida dalam makanan dengan cara yang tidak tepat dapat meningkatkan risiko terjadinya botulisme. Botulisme adalah penyakit langka namun serius yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

Meskipun kasus orang yang terkena penyakit botulisme karena kalsium hidroksida terhitung sedikit, tapi efek tersebut bisa jadi bahan pertimbangan yang kuat agar kamu tidak mengolah makanan secara asal-asalan.

2.Kerusakan kulit dan mata

Paparan pada kulit dapat menyebabkan luka bakar, iritasi yang sangat menyakitkan, serta nekrosis. Sementara paparan pada mata dapat menyebabkan nyeri parah dan kehilangan penglihatan yang bisa bersifat sementara atau permanen.

Penggunaan kapur sirih yang sembarang untuk perawatan rambut juga dapat menyebabkan luka bakar serta kerusakan pada rambut dan kulit kepala.

3.Keracunan

Bagi beberapa orang yang sensitif terhadap kapur sirih, tidak sengaja menelan kalsium hidroksida dapat menyebabkan sakit tenggorokan yang parah, sensasi terbakar di mulut, sakit perut, muntah, buang air besar berdarah, tekanan darah yang cepat turun dan kolaps. Keracunan akibat kalsium hidroksida juga dapat membuat pH darah terlalu basa, yang dapat menyebabkan kerusakan organ.

4.Masalah pernapasan

Menghirup kalsium hidroksida melalui hidung atau mulut juga dapat menyebabkan komplikasi langsung yang menyakitkan dan berpotensi mengancam jiwa. Saluran tenggorokan dan hidung mungkin akan terasa sangat nyeri dan bengkak.

Akibatnya, Kamu jadi sulit untuk bernapas. Jika partikel-partikel kalsium hidroksida dibawa sampai ke paru-paru, ini dapat menghambat jalur napas Kamu.




Penulis

foto rinnn
rinnn
smk bhina karya

Komentar