Perbandingan Processor Intel dan AMD untuk Gaming

access_time | label Berita
Perbandingan Processor Intel dan AMD untuk Gaming

Perbandingan Processor Intel dan AMD untuk Gaming

Prosesor merupakan komponen yang sangat penting bagi sebuah komputer. Sebuah komputer pasti membutuhkan yang namanya prosesor, terutama komputer/laptop gaming karena prosesor merupakan sebuah otak dari komputer atau laptop maupun smartphone. Prosesor yang menarik untuk kebutuhan gaming saat ini masih didominasi oleh prosesor Intel dan prosesor AMD. Kedua merk ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Kedua merk prosesor ini saling bersaing di mata pembeli dengan menampilkan kinerja terbaiknya. Meskipun Intel sempat dikalahkan oleh AMD dikelas prosesor gaming, kini Intel telah berhasil merebutkan tahta itu kembali, ini dimulai sejak lahirnya generasi Intel Sandy Bridge. Dulu Intel sempat kewalahan dengan jajaran prosesor AMD seperti AMD Athlon XP 2500 Barton, kemudian yang belum lama dengan keluarga Athlon II X2, X3, X4 juga dari keluarga Phenom II seperti Phenom II X2, dan Phenom II X4 yang terkenal dengan kode Black Edition yang sanggup di overclock dengan sangat mudah. Prosesor AMD tersebut memiliki performa yang sama dengan Intel tetapi dengan harga yang lebih murah (dulu).

Tetapi setelah Intel memperkenalkan keluarga Sandy Bridge yang disusul Ivy Bridge, Intel telah berhasil menarik kembali para komputer gaming untuk melirik mereka. Seperti Intel Sandy Bridge i5-2500k, prosesor ini sangat bagus untuk bermain game juga mudah di overclock yang performanya melebihi prosesor AMD di kelasnya.

Dari kedua prosesor tersebut pasti memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing, mari kita simak keunggulan dan kelemahan dari kedua prosesor tersebut:

Keunggulan Intel

    1.       Kemampuan mengatur suhu / temperatur yang lebih baik

Intel memiliki kemampuan mengatur suhu yang baik sehingga jika prosesor sudah terlalu panas, Intel akan mengurangi kinerjanya secara otomatis.

 

    2.       Tidak berisik

Dalam bekerja, prosesor Intel tidak mengeluarkan suara yang cukup bising dan mengganggu penggunanya, karena Intel menggunakan heatsink. Jika menggunakan kipas, maka akan berisik.

 

        3.       Unggul merk

 Prosesor Intel ini lebih dikenal oleh orang-orang karena memiliki brand, sehingga namanya banyak dikenal orang dibandingkan AMD. Banyak orang yang lebih tahu Intel dibandingkan AMD.

Kelemahan Intel

1.       Prosesor Intel menyatu dengan mothderboard

Inilah kelemahan Intel yang cukup tidak disukai oleh para pembelinya. Jika prosesornya rusak, maka Anda harus mengganti motherboard juga yang itu akan membuat Anda membayar lebih mahal.

 

2.       Harga lebih mahal daripada prosesor AMD

Harga prosesor ini bisa dibilang cukup mahal jika dijajarkan dengan prosesor AMD walaupun mereka memiliki kualitas yang setara. Itu karena brand, Intel secara pasar memiliki brand / merk / nilai jual yang tinggi karena Intel memiliki nama baik serta reputasi yang cukup dikenal oleh masyarakat.

 

3.       Kalah dalam segi grafis

Untuk Anda yang ingin memilih prosesor yang akan Anda gunakan untuk gaming, maka Anda sebaiknya Anda pikir-pikir terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk memilih prosesor Intel ini. Karena di bidang grafis, Intel cukup kalah dari AMD.

 

Kelebihan AMD

1.       Lebih aman terhadap virus

AMD memiliki kemampuan untuk mendeteksi virus. Jika pada sebuah program, terdapat virus maka program tersebut tidak akan dijalankan.

 

2.       Menang dalam segi grafis

Untuk mendapatkan kualitas game yang tinggi, maka AMD adalah jawabannya. AMD memiliki kemampuan menyajikan gambar yang lebih berkualitas dibandingkan dengan Intel.

 

3.       Harga lebih murah

Jika dibandingkan dengan Intel, maka AMD memiliki harga yang cukup murah karena AMD itu secara pasar kalah brand dengan Intel. Oleh sebab itu, AMD memiliki harga lebih murah dengan kemampuan yang setara.

Kelemahan AMD

1.       Kalah merk

Reputasi AMD kalah jika dijejerkan dengan Intel, karena AMD bisa dikatakan belum terkenal. Hal itulah yang membuat AMD kalah dengan Intel.

 

2.       Kalah dibidang multimedia

Jika dalam bidang rendering dan sebagainya, Intel memang jauh lebih baik dari AMD.

 

3.       Lebih cepat panas

Jika Anda menggunakan AMD, maka laptop Anda menjadi lebih mudah panas karena AMD itu dirancang dengan tidak memiliki heatsink sebagai komponen pendinginnya, namun menggunakan kipas.

Jika ingin membeli prosesor gaming anda harus menentukan budget dan keperluan kita sendiri. Ingat, performa prosesor tidak hanya dilihat dari clock speed saja, tetapi bisa dilihat dari chipset yang dipakai, jumlah core yang ada, jumlah cache memori, dll. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel lainnnya.


Sumber: https://motorseo.wordpress.com/2013/03/22/prosesor-amd-vs-intel-bagus-mana-untuk-bermain-game/

http://www.koneksia.com/processor-amd-vs-intel-untuk-pc-gaming/



 

Penulis

foto Havit_Aryan
Havit_Aryan
SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Share

Komentar