Logo Eventkampus

Beberapa Istilah Kopi untuk Kamu Para Pemula yang mau Ngopi di Kafe Kopi

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Beberapa Istilah Kopi untuk Kamu Para Pemula yang mau Ngopi di Kafe Kopi

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Minuman Kopi memang saat ini menjadi tren tersendiri untuk kaum milenial, yaitu dengan adanya kafe-kafe kopi yang telah banyak ditemukan diberbagai daerah.

Minum kopi memang sudah menjadi tren tersendiri saat ini. tetapi, selalu ada saja orang baru yang ingin merasakan kenikmatan dari kopi. Dan tentunya ada banyak sekali istilah-istilah di dunia kopi yang terdengar awam bagi seorang pemula pecinta kopi.

Berikut ini hasil wawancara KompasTravel  bersama barista kopi dan berbagai sumber lainnya, berikut 10 istilah kopi yang tersedia dikafe kopi :


1. Esspreso

Espresso merupakan proses penyeduhan kopi dengan mengunakan tekanan tinggi. “Metode ini dikenalkan di Italia awal abad-20. Biasanya kopi akan digiling dengan halus dan dipadatkan, kalau di dunia barista prosesnya disebut tamping,” ujar Setiawan, salah satu barista yang berasal dari Depok. Selanjutnya, kopi akan diseduh menggunakan tekanan yang tinggi dengan suhu yang tinggi. “Hasilnya berupa ekstrak kopi yang kental,” ujar Setiawan.


2. Cappucino

Cappucino merupakan percampuran kopi dengan susu yang dipanaskan hingga berbusa. Biasanya perbandingannya sepertiga susu, sepertiga esspreso dan sepertiga foam atau busa dari susu.

“Beberapa orang suka sensasi bibir yang terkena foam susu, katanya rasanya dan sensasinya berbeda, jadi lebih lembut,” ujar Setiawan.


3. Americano

Americano merupakan perpaduan antara Espresso dengan air hangat

“Biasanya perbandingannya seperti bagian dari kopi esspreso, sisanya air hangat. Jadi kalau gelas dengan kapasitas 150 ml, espressonya 50ml airnya 100 ml,” ujar Setiawan.


4. Mochaccino

"Moka" hanyalah latte dengan tambahan bubuk cokelat atau sirup, dan terkadang diberi topping krim kocok. “Biasanya dipesan sebagai jalan tengah beberapa orang yang masih ingin ngopi tetapi ingin ada sensasi manis di kopinya,” sebut Setiawan.


5. Specialty coffee

Specialty coffee merupakan penyebutan untuk kopi yang spesifik. Biasanya kopi gaya ini akan tercantum dengan informasi lengkap tentang kopinya. Mulai dari jenis tanaman, daerah tanamnya, varietas, ketinggian tanaman dari permukaan laut, roasting profile atau gelap terangnya sangraian biji kopi sampai potensi rasa yang bisa muncul dari penyeduhan. “Bahasa gampangnya adalah kopi serius. Biji yang dipakai biasanya tidak sembarangan, ada penilaian tertentu untuk menghasilkan kopi terbaik. Informasi perihal kopi juga membantu para brewer untuk memahami potensi kopi dan menyesuaikan cara seduh,” ujar Setiawan.


6. Manual Brewing

Manual brewing adalah teknik menyeduh kopi dengan sentuhan tangan manusia. Mesin esspreso tidak digunakan dalam proses ini, melainkan tangan manusia. “Rasa yang dihasilkan tergantung dari cara menyeduh, durasi penyeduhan, kasar halusnya gilingan dan lama penyeduhan. Alatnya juga banyak, mulai dari V60, aeropress, kalita, kono dan masih banyak lagi,” jelas Setiawan.


7. Brewer

Layaknya barista, brewer juga seseorang yang bekerja sebagai peracik kopi. “Kalau brewer lebih spesifik ke manual brewing. Kopi yang dihasilkan pastinya kopi hitam dengan teknik penyeduhan manual tanpa mengunakan mesin. Pengetahuannya lebih spesifik ke teknik seduh, pemahaman rasio, suhu air dan masih banyak lagi,” ujar Setiawan.


8. Cafe Latte

Cafe latte sama seperti cappucino tetapi foam atau busa dari susunya lebih tipis. Perbandingannya dua pertiga bagian dari gelas diisi dengan esspreso dan sisanya susu dengan busa tipis. “Ini minuman yang sering dipesan oleh orang kebanyakan, biasanya dengan varian esnya,” sebut Setiawan.


9. Affogato

Affogato, merupakan segelas espresso yang dituangkan di atas es krim yang biasanya rasa vanilla.


10. Barista

Barista adalah sebutan untuk orang yang berkerja meracik kopi untuk pelanggan. “Kalau barista itu spesifiknya sama kopi esspreso based atau kopi basis esspreso, seperi café latte, cappuccino, flat white dan lain-lain. Barista yang handal biasanya mengetahui beberapa teknik, seperti pemahaman ekstraksi, kalibrasi, teknik froting atau memanaskan suhu hingga latte art untuk mempercantik tampilan,” sebut Setiawan.


Adapun manfaat kopi bagi kesehatan, sebagai berikut:

1. Meningkatkan stamina

2. Mencegah kanker

3. Kopi menjaga kesehatan tubuh

4. Mengurangi resiko diabetes

5. Mengurangi resiko penyakit Demensia dan Alzheimer

6. Mencegah parkinson

7. Meningkatkan mood.

Itulah beberapa penjelasan tentang istilah kopi untuk kamu para pemula yang mau ngopi di kafe kopi. enjoyyy...

sumber:https://travel.kompas.com/read/2019/09/10/070000527/apa-itu-espresso-dan-istilah-lain-di-kedai-kopi-yang-harus-kamu-tahu?page=1











Penulis

foto Ariffai
Ariffai
SMK Bhina Karya Karanganyar

Komentar