Logo Eventkampus

Mengenal Khasiat dan Efek Samping TEMULAWAK

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mengenal Khasiat dan Efek Samping TEMULAWAK

Sebelum Anda mendapat penjelasan mengenai manfaat temulawak, perlu Anda ketahui bagian dari temulawak yang dipercaya paling berkhasiat adalah akar dan batangnya. Berikut ini adalah manfaat temulawak untuk kesehatan yang harus Anda ketahui, di antaranya:

 1. Menambah nafsu makan

Manfaat temulawak sudah dikenal luas sebagai penambah nafsu makan bagi anak-anak agar mereka bisa makan dengan lahap dan tercukupi kebutuhan gizinya, sehingga perkembangan tubuhnya pun bisa maksimal. Tak hanya dibuat sebagai jamu, beberapa jenis obat-obatan penambah nafsu makan juga menggunakan bahan alami ini.

 2. Mengobati gangguan pencernaan

Beberapa jenis penyakit seperti kembung, diare, atau bahkan dispepsia ternyata bisa diobati dengan bahan alami ini. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal  Clinical Gastroenterology and Hepatology mengungkapkan, bahwa dengan mengonsumsi jamu temulawak secara teratur, kondisi pasien yang mengalami gangguan pencernaan cenderung semakin semakin membaik.

 3. Mengatasi kram perut saat haid

Banyak wanita yang mengaku mengalami nyeri perut tatkala fase menstruasi tiba. Cobalah untuk mendapatkan manfaat temulawak. Mengonsumsi temulawak bisa meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan saat menstruasi.

 4. Mengatasi masuk angin

Manfaat temulawak yang sering kali tidak disadari adalah kemampuannya untuk mengatasi masuk angin. Pakar kesehatan menyebutkan jika kandungan di dalam temulawak ternyata memiliki kemampuan dalam mengobati masuk angin sekaligus sakit kepala. Dengan meminum dua hingga tiga gelas jamu temulawak, maka sakit kepala dan masuk angin pun akan mereda.

 5. Membantu pengobatan kanker

Sebuah jurnal kesehatan The Prostate mengungkapkan bahwa, manfaat temulawak ternyata memiliki kandungan aktif yang mampu membantu pengobatan kanker layaknya kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker usus. Penelitian lain yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center juga menyebutkan jika nutrisi di dalam temulawak bisa membunuh perkembangan sel kanker dengan efektif.

 6. Mengatasi masalah usus besar

Manfaat temulawak lainnya juga dipercaya mampu mengobati beberapa jenis penyakit, salah satunya adalah gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome), penyakit liver dan gangguan kantong empedu. Kondisi ini umumnya diiringi gejala-gejala seperti nyeri ulu hati, kembung dan mual.

 7. Memengaruhi metabolisme lemak

Manfaat temulawak juga bisa memengaruhi metabolisme lipid atau lemak. Metabolisme lemak adalah proses penguraian asam lemak untuk menjadi energi bagi tubuh. Sebuah penelitian menemukan, temulawak mengandung bahan aktif selain curcuminoid, yang memengaruhi sistem metabolisme lemak.

  8. Mengatasi radang sendi

Bagi Anda yang mengalami osteoarthritis atau peradangan yang terjadi pada persendian, sebaiknya Anda mencoba untuk mendapatkan manfaat temulawak. Temulawak mampu meredakan rasa sakit pada dan kekuan pada sendi.

Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat temulawak untuk kesehatan menunjukkan efek yang hampir sama saat penggunaan ibuprofen yang diberikan pada pasien osteoarthritis.

  9. Mengeluarkan toksin dalam tubuh

Kandungan Phelandren di temulawak dipercaya mampu membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.

10. Mengatasi demam

Manfaat temulawak selanjutnya adalah kemampuannya meredakan demam. Jika Anda adalah orang yang sering menggunakan obat-obat yang dijual di apotek untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda bisa mencoba untuk menggunakan temulawak.

11. Meningkatkan fungsi ginjal

Manfaat temulawak yang satu ini diturunkan karena adanya kandungan minyak asiri di dalamnya. Minyak asiri membantu meningkatkan fungsi ginjal dalam menyaring darah dari sisa metabolisme dan racun.

12. Meningkatkan stamina

Bagi Anda yang ingin meningkatkan stamina dengan bahan-bahan alami, sepertinya Anda bisa menjadikan temulawak sebagai alternatif. Campuran kunyit yang dicampur temulawak bisa membuat tubuh tidak gampang lelah dan lebih bersemangat. Hal ini bisa terjadi karena kandunga tonikum di dalamnya.

Nah, itulah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Efek Samping Temulawak bagi Kesehatan

Meski banyak manfaat temulawak yang bisa di dapatkan tubuh, konsumsi temulawak dapat menyebabkan iritasi lambung. Akan lebih baik apabila temulawak dikonsumsi dalam waktu singkat dan bukan untuk jangka waktu yang lama, agar efek samping yang ditimbulkan temulawak tidak membahayakan tubuh.

Namun, penelitian terkait dosis penggunaan yang tepat bagi tubuh masih diperlukan penelitian lanjutan. Oleh karena itu, sesuaikan konsumsi temulawak dengan kondisi kesehatan, usia dan latar belakang penyakit.

Pakar kesehatan mengatakan, temulawak sangat aman jika dikonsumsi dalam jangka waktu beberapa hari dan tidak melebihi batas waktu masa penggunaan yaitu 18 minggu secara berturut-turut.

Jika Anda ragu untuk mengonsumsi temulawak, konsultasikan dahulu dengan dokter untuk menghindari efek samping yang membahayakan. Berikut adalah beberapa golongan yang tidak dianjurkan mengonsumsi temulawak, di antaranya:

·        Penderita gangguan kandung empedu dan hati

Temulawak mengandung banyak zat yang biasa merangsang cairan empedu. Pakar kesehatan menyarankan, sebaiknya temulawak tidak dikonsumsi lebih dari 3 bulan.  Konsumsi suplemen temulawak bila diperlukan saja. Pastikan produk suplemen temulawak terdaftar di BPOM.

Beberapa orang yang sensitif terhadap zat yang ada di temulawak bisa mengalami mual hingga muntah saat mengonsumsinya. Sementara, seseorang yang memiliki riwayat alergi temulawak, hal ini bisa memicu terjadinya alergi, dari ringan hingga membutuhkan penanganan khusus.

·        Wanita hamil dan menyusui

Meski efek sampingnya pada kelompok ini belum diketahui secara pasti, namun sebaiknya hindari penggunaan temulawak. Dikhawatirkan temulawak bisa mengganggu janin di dalam kandungan maupun bayi yang sudah lahir.

·        Memicu komplikasi

Apabila Anda mengonsumsi temulawak bersamaan dengan obat tertentu seperti pengencer darah, maka hal itu bisa memicu penyakit yang lebih kompleks. Hal ini dikarenakan temulawak bersifat mengikis lemak darah

Penulis

foto CASPER
CASPER
SMK TAURUS

Komentar