ITS Tantang SDM Salurkan Ide Inovatif Lewat ITSProvement

access_time | label Berita
ITS Tantang SDM Salurkan Ide Inovatif Lewat ITSProvement

Tahun ini merupakan kali ketiga diselenggarakan ITSProvement oleh Direktorat Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) ITS. Kegiatan tahunan ini merupakan wadah untuk memfasilitasi para tendik mengeluarkan ide-idenya guna membantu memberikan perbaikan ITS ke depannya.

Direktur SDMO ITS Dr Sri Gunani Partiwi mengatakan, kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada tendik untuk saling berkolaborasi dengan unit kerja lain yang berbeda di lingkungan ITS. Karena ITSProvement 3.0 ini berbasis ide dan bukan berbasis unit kerja. Agar dapat memberikan perbaikan sistem kerja saat ini untuk memperbaiki kinerja ITS secara keseluruhan. “Sehingga semua bisa bersama-sama memikirkan ITS untuk menuju ke arah yang lebih baik,” terangnya.

Harapan Sri Gunani, untuk selanjutnya para tendik bisa lebih percaya diri dalam berkreasi, karena orang yang paling tahu tentang keadaan terkini di sekitarnya yaitu para tendik. “Semoga bisa menjadi agen perubahan di ITS dan menjadi contoh bagi teman-teman yang lain,” tutur dosen Teknik Industri ITS ini.

Dengan slogan Building of the Culture Curiosity and Creativity, ITSProvement 3.0 ini diharapkan agar dapat menumbuhkan budaya kreatif dan rasa ingin tahu yang tinggi. Kali ini, ITSProvement 3.0 berfokus pada dua kategori lomba, yaitu bidang manajemen dan teknologi informasi. Dari 90 ide yang masuk lalu diseleksi oleh dewan juri, didapatkan 15 finalis yang kemudian melakukan penilaian melalui tahap presentasi pada 11 Oktober lalu.

Sementara itu, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng dalam sambutannya, juga turut memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Dari tahun kemarin, rektor yang kerap disapa Ashari ini telah dikagumkan dengan ITSProvement, karena di sini tendik dapat memberikan karya yang luar biasa untuk perkembangan ITS. “Kami menyampaikan apresiasi karena sudah berkontribusi besar kepada ITS,” ujarnya.

Ashari mengatakan bahwa ITS memfokuskan kepada layanan, sehingga sebuah layanan harus terus diperbaiki. Untuk meningkatkan layanan dapat dibantu dengan aplikasi dan teknologi informasi. “Lalu tugas ITS untuk menyempurnakan
dan mengimplementasi peningkatan layanan di bidang masing-masing,” ujar guru besar Teknik Elektro ITS ini.

Wakil Rektor III ITS bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Teknologi dan Sistem Informasi, Dr Eng Ir Ahmad Rusdiansyah MEng mengatakan, ITSProvement ini dapat menjadi tempat untuk mewujudkan ide-ide menjadi sebuah prototype. “Seorang yang inovatif tidak akan kehabisan ide, karena yang ada saat ini juga bisa menjadi sumber ide,” tandasnya mengingatkan.

Pria yang sering disapa Doddy ini mengatakan, dalam hal ini perlu lebih banyak keterlibatan dari pimpinan seperti dekan dan kepala departemen yang diharapkan bisa turut hadir di kegiatan ini. Karena ini merupakan perayaan besar untuk menghargai karya-karya tendik ITS. “Mahasiswa punya Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), tendik punya acara luar biasa ini (ITSProvement, red),” ungkap dosen Teknik Industri ini.

Nur Hasan SSi MKom, salah satu peserta ITSProvement 3.0 yang tergabung dalam tim SI-PANK dan tim E-Lib ini mengungkapkan, ada banyak manfaat yang didapatkan secara pribadi maupun secara unit kerja di ITS. Secara pribad, ia merasa pemikirannya menjadi lebih berkembang dengan adanya konsep yang diajarkan. “Selain itu, secara unit juga terbantu dengan output yang dihasilkan,” tuturnya.

Pada kompetisi ITSProvement 3.0 ini, Tim – K jadi pemenang kategori IT dengan inovasinya E – Kuesioner ITS (E-KITS) yaitu sistem informasi pembuatan, penyebaran, pengisian, dan penghitungan kuesioner ITS. Sedangkan dari kategori manajemen dimenangkan oleh Tim Elektroda dengan aplikasi monitoring, pemeliharaan dan perawatan AC secara terpusat. (naj/HUMAS ITS)



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2019/10/30/its-tantang-sdm-salurkan-ide-inovatif-lewat-itsprovement/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Share

Komentar