Logo Eventkampus

Kuliah Online, Dapatkah Menjadi Solusi?

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Kuliah Online, Dapatkah Menjadi Solusi?

Seiring dengan perkembangan zaman di era digital saat ini, teknologi seolah menawarkan kita berbagai bentuk kemudahan bagi kita sebagai generasi milenial. mulai dari kemudahan bertransaksi berbelanja. hampir semua orang mulai menggunakan uang elektronik sebagai alat transaksi untuk membeli atau membayar suatu kebutuhan. dari mulai makanan, hingga barang elektronik. Perbankan pun memberikan kemudahan dengan fitur mobile banking. Dimana masyarakat tidak perlu lagi datang ke bank langsung untuk membuka rekening, tarik tunai menggunakan kartu atm atau sebagainya karena semua telah tersedia di fitur mobile banking tersebut.

Hadirnya Sistem Perkuliahan Secara Online

Seolah ikut memberikan kemudahan, kini hadir solusi bagi para pekerja yang ingin melanjutkan kuliah lagi namun mungkin terkendala dari waktu kerja yang padat, biaya yang tinggi atau lokasi yang jauh. yaitu Sistem Perkuliahan Secara Online , dimana tidak perlu lagi hadir atau datang ke kampus setiap hari atau bahkan tiap malam untuk melakukan kegiatan perkuliahan. karena dalam sistem kuliah seperti ini di dalamnya terdapat materi secara online dan offline (tatap muka di kampus)

Pembagian Waktu Untuk Sesi Online dan Tatap Muka

Waktu yang digunakan dalam sistem perkuliahan ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi online dan sesi offline. contoh misalnya dari hari senin sampai dengan hari jumat, perkuliahan nya melalui sesi online, dan hanya hari sabtu nya saja yang perkuliahannya secara offline (tatap muka). jadi dapat diartikan untuk datang ke kampusnya hanya seminggu sekali aja pada hari sabtu, hari senin - hari jumatnya secara online. dan pada saat uts dan uas juga, mahasiswa diharapkan hadir ke kampus untuk mengikuti ujian.

Bagaimanakah Sistem Pembelajaran Untuk Sesi Online?

Dengan dibantunya sistem program bernama LMS (Learning Management System), mempermudah proses belajar mengajar dari sistem perkuliahan ini. karena di dalam nya terdapat audio, video, text dan forum diskusi. dan biasanya seminggu sebelum diadakan nya ujian, dosen akan mengadakan sesi  Live Session  bersama dengan rekan-rekan satu kelas untuk melakukan pembahasan pelajaran.

Berapakah Kisaran Biaya Untuk Perkuliahan Online?

Biasanya biaya yang dikenakan untuk sistem perkuliahan semacam ini lumayan lebih terjangkau dari pada perkuliahan kelas reguler biasa pada umumnya. bahkan ada beberapa kampus yang menawarkan biaya kuliah dengan sitem cicilan perbulan, namun sudah mencangkup biaya krs, uts dan uas. kurang lebih cukup menyisihkan sekitar Rp.1.000.000 - Rp.1.500.000 saja per bulan, sudah dapat kuliah di kampus-kampus yang memiliki akreditasi A dan B.

Contoh salah satu penyedia pembelajaran online yang bekerjasama dengan beberapa Universitas yaitu, Pintaria biasanya pembelajaran ini sering mempromosikan sistem belajar perkuliahan secara online atau campuran online dan offline.

Penulis

foto Belia Vanlie
Belia Vanlie

Komentar