Logo Eventkampus

Volunteer Week 7 KSR PMI UNS: Bentuk Relawan Profesional

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Volunteer Week 7 KSR PMI UNS: Bentuk Relawan Profesional

UNS – Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menggelar Volunteer Week and Youth Volunteer Competition pada Kamis-Minggu (12-15/12/2019). Untuk pertama kalinya pada gelaran ketujuh ini Volunteer Week diadakan dalam skala nasional dan melibatkan KSR dari berbagai universitas. Sejumlah 600 peserta dari 52 kontingen PMR Wira dan 18 kontingen KSR mengikuti kompetisi ini.

Sesuai dengan temanya, yakni “Relawan Profesional: Panggilan dari Hati untuk Mengabdi”, Volunteer Week ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para relawan kepalangmerahan agar menjadi relawan yang profesional. “Harapannya Volunteer Week 7 ini mampu mengasah keterampilan dan kemampuan PMR Wira maupun KSR. Sehingga dapat menjadi relawan yang profesional dan tangguh, selalu siap siaga dalam kondisi apapun” jelas Arif Sudarsono, Komandan KSR PMI Unit UNS.

Sementara itu, Prof. Sajidan, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNS, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas penyelenggaraan acara ini. Ia berpesan agar para peserta memanfaatkan momen ini sebagai ajang membangun relasi dengan relawan dari berbagai daerah. “Jadi bukan hanya kompetisi saja, tapi juga relasi. Keahlian sebagai seorang relawan perlu dipupuk dan ditingkatkan terus. Sehingga dapat melakukan penyelematan, pendampingan, dan perawatan terbaik,” jelasnya.

Hal baru lainnya dari Volunteer Week ini adalah beberapa jenis perlombaan yang pertama kali diadakan tahun ini. Yakni desain filtrasi air, pemetaan pengurangan risiko bencana, Pertolongan Pertama Korban Banyak (PPKB), LKTI, dan infografis kepalangmerahan serta profil PMR. “Di lomba pemetaan, peserta akan memetakan gedung-gedung dan tempat di UNS. Hasilnya bisa menjadi masukan bagi UNS, tapi perlu dikurasi oleh juri dahulu. Di PPKB itu juga diperlukan strategi dan tekad yang lebih. Ini mengasah ketangguhan relawan,” kata Angga, Ketua Volunteer Week 7.

Di akhir kompetisi akan diadakan evaluasi dan diskusi bersama dalam forum besar juri dan peserta. Peserta yang hadir berasal dari berbagai daerah dan provinsi di Indonesia. Salah satunya PMR Unit Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo, Jawa Timur. Uswatun Khasanah, pembina unit tersebut, merasa sangat senang dengan adanya kompetisi ini. “Kompetisi ini menjadi salah satu media berproses dan penyaluran kreativitas anak-anak kami. Anak-anak pun sangat antusias dalam pelatihan selama satu bulan terakhir,” tuturnya.

Dukungan terhadap acara ini juga datang dari PMI Pusat, PMI Jateng, PMI Surakarta, dan Pemerintah Kota Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan adanya rekomendasi dari PMI Pusat, Jateng, dan Surakarta juga kehadiran perwakilan masing-masing instansi pada pembukaan Volunteer Week. Diantaranya, Muh Arif Sunarto dari PMI Surakarta. Humas UNS/Kaffa



Sumber : https://uns.ac.id/id/uns-update/volunteer-week-7-ksr-pmi-uns-bentuk-relawan-profesional.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Mahasiswa UNS Borong Piala dalam Hasanudin Tenis Cup 2019
31 Oktober 2019
Mahasiswa Prodi Sasda Banggakan Nama UNS dalam Imbasadi USU 2019
03 Desember 2019
Prodi Sosiologi UNS Gelar Seminar Nasional dan Konferensi Sosiologi Perkotaan
13 Desember 2019
UNS Raih Juara 2 pada Kejurnas IRASCO 2020 di Madiun
20 Februari 2020
Ubah Kebiasaan Nongkrong Jadi Bisnis, Mahasiswa UNS Raih Omzet Belasan Juta
09 Maret 2020
Hebat! UNS Raih Juara 1 pada Lomba Debat Ekonomi Nasional
23 Maret 2020

Komentar