Logo Eventkampus

Mahasiswa UNS Ciptakan Board Game untuk Siswa Tunagrahita

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mahasiswa UNS Ciptakan Board Game untuk Siswa Tunagrahita

UNS-Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menciptakan media edukasi untuk siswa Tunagrahita di Kabupaten Karanganyar. Media tersebut diberi nama Board Game BOGABITA yang bertujuan untuk mengenal lebih dalam tentang ke-Indonesiaan. Mereka tergabung dalam kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan anggota Salma Hanifah Prameswari, Syafira Aulia Fadlillah, Gani Albar Arafat, dan Nuno Yusuf Kirana.

Salma Hanifah selaku ketua tim menjelaskan bahwa tujuan pembuatan media ini yaitu untuk mendekatkan siswa kepada hal-hal yang berbau Indonesia, kebhinekaan, dan alat musik tradisional berbasis kearifan lokal.

“Ide ini awalnya terbentuk ketika saya mengikuti sosialisasi PKM di gedung Pascasarjana UNS. Setelah saya mengikuti acara itu, saya akhirnya membentuk tim PKM dan memiliki inisiasi untuk membuat board game khusus untuk anak-anak difabel agar memahami tentang kebhinekaan dan memupuk kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui media edukasi ini, ” terang Salma, Selasa (6/10/2020).

Dalam proses pengaplikasiannya, mereka bekerja sama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Karanganyar.
“Saat kami menghubungi mitra, kami membahas banyak hal mengenai anak-anak tunagrahita yang ternyata memiliki semangat belajar dan keingintahuan yang tinggi tentang media edukasi yang akan kami buat dalam bentuk board game. Alhamdulillah kemarin sudah kami sosialisasikan melalui Google Meet dengan guru SLB dan murid SLB Negeri Karanganyar,” tambahnya.

Saat dilakukan sosialisasi, Salma mengungkapkan bahwa siswa sangat antusias dalam memainkan board game BOGABITA. Selain itu, para siswa juga dapat mengetahui beberapa alat musik tradisional, nama-nama presiden, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.
“Bahkan mereka bisa menghafal Pancasila melalui media board game ini. Salah seorang guru juga  menyebutkan bahwa sebelumnya anak-anak kesulitan dalam menghapal hal baru. Namun dengan media edukasi board game BOGABITA ini ternyata memudakan siswa tunagrahita dalam mempelajari hal-hal baru,” jelas Salma.

Salma berharap agar board game BOGABITA ini dapat diaplikasikan secara luas bagi anak-anak tunagrahita lainnya. Sehingga dapat memudahkan mereka untuk belajar dan memahami kebhinekaan dan ke-Indonesiaan dengan cara yang edukatif dan kreatif. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti



Sumber : https://uns.ac.id/id/uns-update/mahasiswa-uns-ciptakan-board-game-untuk-siswa-tunagrahita.html

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

UKM Karate UNS Borong Juara di Brawijaya University Championship
11 November 2019
Aplikasikan Green Campus, Tim KKN UNS Gelar Workshop Tas Ramah Lingkungan
29 Januari 2020
Peduli Sampah, Tim KKN UNS Bersihkan Pantai di Banyuwangi
21 Februari 2020
Mahasiswa UNS Kembali Torehkan Prestasi di Tingkat Internasional
04 Agustus 2020
Mahasiswa UNS Rancang Alat Bantu Dengar dan Belajar Bicara bagi Teman Tuli
11 September 2020
Rateja Karya Mahasiswa UNS Raih Prestasi di Ajang KOIN
05 Oktober 2020

Komentar