Logo Eventkampus

Mahasiswa Komunikasi UNAS Mengenalkan Tanaman Hidroponik Kepada Anak-anak

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Mahasiswa Komunikasi UNAS Mengenalkan Tanaman Hidroponik Kepada Anak-anak

Tiga mahasiswa Kelas Karyawan Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Nasional (Unas), Jakarta, melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Salah satu kegiatannya pengenalan terhadap tanaman hidroponik kepada anak-anak usia 6 - 15 tahun pada Minggu (22/12/2019).

Tiga mahasiswa yaitu Sidik Awaludin, Azka Ramadhanty dan Wiji Pratomo melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Baung, Kebagusan, Jakarta Selatan. Sebanyak 27 orang peserta anak usia 5-15 tahun mengikuti kegiatan tersebut.

“Kegiatan pengenalan tanaman hidroponik ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak di usia dini, mengenai apa itu tanaman hidroponik, bagaimana merakit pot hidroponik dan bagaimana cara merawat tanaman hidroponik,” kata penanggung jawab kegiatan Sidik Awaludin.

Sementara itu, penanggung jawab kegiatan lainnya, Azka Ramadhanty menambahkan pengenalan terhadap tanaman hidroponik ini bertujuan selain untuk memberikan pengetahuan sejak dini kepada anak-anak, juga untuk menjelaskan alternatif cara bercocok tanam di lahan yang terbatas, mengingat saat ini makin lama lahan bercocok tanam di Jakarta sudah makin sempit.

“Sekarang lahan untuk menanam di Jakarta ini tambah sempit, jadi tanaman hidroponik ini bisa jadi alternatif bercocok tanam di lahan yang terbatas," tambah Azka.

Pada kesempatan yang sama, Wiji Pratomo yang juga penanggung jawab kegiatan,  mengatakan antusiasme anak-anak untuk mempelajari tanaman hidroponik ini sangat tinggi. Hal ini tampak dari banyaknya anak-anak yang tertarik untuk berpartisipasi merakit pot tanaman hidroponik.

"Anak-anak sangat bersemangat sekali untuk mengetahui bagaimana cara menyemai bibit, dan bahkan ketika merakit pot tanaman hidroponik, mereka sampe rebutan," ungkap Wiji.

Lebih lanjut, Wiji berharap agar pengenalan tanaman hidroponik yang diberikan kepada anak-anak di RPTRA Baung ini, dapat memberikan manfaat bagi anak-anak dan juga warga sekitar RPTRA Baung, mengingat tanaman hidroponik saat ini sudah mulai ramai atau banyak orang yang menggunakannya. 

"Tanaman hidroponik kalau sudah dipanen, harganya jauh lebih mahal dibanding tanaman biasa karena tanpa pestisida. Semoga ilmu yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat khususnya bagi anak-anak," imbuhnya.

Selain memberikan pengenalan terhadap tanaman hidroponik, para mahasiswa Ilmu Komunikasi Kelas Karyawan Universitas Nasional ini juga memberikan materi-materi lainnya, seperti pengenalan ilmu jurnalistik sederhana, materi Fun English atau pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak dan Public Speaking.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Pertamina Hulu Energi ONWJ Lanjutkan Kerja Sama dengan FTIP Unpad
05 Juni 2017
Tingkatkan Kualitas SDM Aparatur Pemerintah, Timor Leste Gandeng UGM
07 Juni 2017
Peringkat UGM pada QS World Ranking Naik
12 Juni 2017
Pentingnya Membaca Berita
10 Juli 2017
Mengapa Orang Mudah Lupa
12 Juli 2018
Kantong Darah Antibakteri Karya Mahasiswa Unair Dibuat dari Mangrove
23 Juli 2018

Komentar