Logo Eventkampus

Manfaat Ubi Ungu

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Ubi Ungu

Ubi ungu memiliki banyak perbedaan antara ubi jalar biasa, selain warnanya, aroma ubi ungu lebih khas. Begitu juga rasanya dari manis, agak manis, pahit, dan agak pahit. Yang membuat unik ubi ungu adalah warna ungunya yang disebabkan kandungan antosianin dan antioksidannya. Kandungan inilah yang sangat berkhasiat bagi kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Dan berikut ini beragam manfaat dari ubi ungu bagi kesehatan:

1.      Sebagai Antiradang (antiinflamasi)

Mengonsumsi ubi ungu  mampu mengurangi risiko peradangan atau inflamasi, dan menyeimbangkan radikal bebas yang mampu merusak sel-sel tubuh.

2.      Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam ubi ungu berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menangkal radikal bebas.

3.      Dapat Mencegah dan Mengatasi Kanker

Manfaat ubi ungu juga bisa dalam mencegah beragam jenis kanker. Khasiat ubi ini dapat menekan pertumbuhan sel-sel kanker.

4.      Dapat Melancarkan Pencernaan

Kandungan antosianin dalam ubi ini juga berguna dalam melancarkan metabolisme pencernaan. Jika kalian mengalami gangguan pencernaan bisa mencoba makan umbi yang satu ini ya!

5.      Dapat Menangkal Penuaan Dini

Dalam ubi ini juga berguna dalam proses regenerasi sel-sel kulit. Mengonsumsi ubi ungu secara rutin mampu menghalau kerutan, flek hitam, maupun tanda penuaan dini pada wajah.

6.      Dapat Meredakan Peradangan

Nutrisi dalam ubi ungu berguna untuk meredakan peradangan. Konsumsi ubi ungu rebus untuk mengurangi radang tenggorokan, radang sendi, maupun radang tubuh lainnya.

7.      Dapat Menyembuhkan Asam Urat

Manfaat ubi ungu bagi kesehatan lainnya adalah mampu dalam menyembuhkan penyakit asam urat. Kandungan antosianin dalam ubi ini mampu menurunkan dan menekan kadar asam urat tubuh.

8.      Dapat Menangkal Pembekuan Darah

Dalam ubi ungu ada kandungan asam klorogenik yang berkhasiat mencegah dan menangkal pembekuan darah.

9.      Melancarkan Program Diet

Ubi ungu yang kaya serat dan tanpa kandungan lemak tentunya harus menjadi bagian penting dalam menu diet anda. Selain membuat kenyang, diet pun akan lebih berhasil dengan makanan dari ubi ungu ini.

10.  Menurunkan tekanan darah tinggi

Mengonsumsi ubi ungu efektif mengurangi tekanan darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke pada penderita hipertensi. Sayuran, buah-buahan, atau umbi-umbian berwarna ungu kaya akan karotenoid, asam fenolat, dan antosianin, yaitu zat pemberi warna ungu yang memiliki sifat antioksidan.

11.  Dapat Mengatasi Beragam Penyakit Mematikan

Ubi ungu juga berkhasiat dalam mencegah maupun mengatasi beragam penyakit mematikan, seperti hipertensi, stroke, diabetes, dan problem kolesterol. Ubi ini bahkan ampuh mencegah kerusakan sel hati.

 

Demikianlah berbagai khasiat dan manfaat ubi ungu bagi kesehatan maupun untuk mengatasi berbagai penyakit. Mengonsumsi ubi ini dengan cara yang benar dan rutin akan sangat baik untuk kesehatan kita lho! 

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar