Logo Eventkampus

Penyebab Mata Bengkak

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Penyebab Mata Bengkak

Kalian pernah gak nih mengalami pembengkakan pada mata? Pasti sangat mengaggu penampilan dan kadang juga menimbulkan rasa sakit. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan mata menjadi bengkak.  Dan berikut beberapa penyebab mata membengkak. Simak selengkapnya!

1.      Bintitan atau hordeolum

Bintitan terjadi karena infeksi kelenjar di bagian kelopak mata. Ciri-ciri bengkak di antaranya timbul rasa gatal, kemerahan, sakit, dan benjolan kecil. Bahkan bengkak terlihat seperti jerawat. Bahkan terkadang ada titik kecil di bagian tengahnya.

2.      Alergi

Alergi terjadi ketika sistem imun bereaksi berlebihan kepada partikel asing yang disebut sebagai alergen. Penyebabnya berasal dari serbuk sari, bulu binatang, makanan, debu, makeup, atau bahkan obat tetes mata. Tanda pembengkakan adalah mata menjadi berair dan merah, kemudian kelopak pun terasa gatal dan menebal.

3.      Konjungtivitis

Konjungtivitis dapat terjadi karena adanya inflamasi pada konjungtiva, jaringan yang ada di dalam kelopak mata. Orang yang menderita penyakit ini akan merasakan sakit, gatal, dan bengkak pada kelopak mata. Pada umumnya konjungtivitis disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

4.      Chalazion

Chalazion disebabkan karena penyumbatan kelenjar meibomian yang terletak di kelopak mata bagian bawah dan atas. Meibomian mengatur produksi minyak dan mencampurnya dengan air untuk melembapkan mata kita.  Chalazion akan terlihat merah, bengkak, dan sakit jika disentuh. Tetapi dalam beberapa hari, rasa sakit reda dan hanya menyisakan benjolan kecil.

5.      Kelelahan

Tubuh yang kelelahan bisa menyebabkan bengkaknya mata. Disebabkan oleh penumpukan air di kelopak mata dan kantong mata. Bengkak karena kelelahan biasanya lebih terlihat seperti menggembung. Mata juga terlihat berair dan kemerahan.

6.      Orbital selulitis

Orbital selulitis adalah jenis infeksi yang berisiko menjadi komplikasi serius dan berbahaya. Orbital selulitis disebabkan oleh bakteri dan bisa menyebar dengan cepat. Cirinya bengkak, kelopak berwarna merah gelap, bergaris, dan terasa sangat sakit.

Itulah informasi kesehatan tentang penyebab mata bengkak. Siapa nih yang sedang mengalami mata bengkak? Kenali dulu ciri dan penyebabnya  agar kalian bisa menanganinya dengan tepat. Semoga info ini bermanfaat ya!!

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar