Logo Eventkampus

Manfaat Gandum Bagi Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Gandum Bagi Kesehatan

Gandum dikenal sebagai makanan yang berjenis kabohidrat. Gandum bisa sebagai ganti nasi putih lho. Dan gandum memiliki kandungan banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Adapun beberapa manfaat gandum bagi kesehatan tubuh. Mau tahu, simak penjelasannya disini.

1.      Dapat Mengurangi Peradangan Kronis

Gandum dapat membantu dalam pencegahan peradangan kronis. Peradangan merupakan konstituen utama dalam sebagian besar jenis sakit rematik. Dengan demikian, makan gandum dalam jumlah yang sehat dan aktif akan mengurangi peradangan.

2.      Mampu Kesehatan Jantung

Gandum bisa menjadi sumber makanan sehat untuk jantung, banyak serat yang dibuat dari gandum untuk menjaga nutrisi dan kesehatan jantung.

3.      Dapat Melawan Kanker Payudara

Biji-bijian seperti gandum dan buah-buahan memberikan perlindungan yang signifikan bagi perempuan pra-menopause terhadap kanker payudara. Wanita pra-menopause yang mengkonsumsi gandum memiliki 41% penurunan risiko kanker payudara dibandingkan dengan yang memakan serat dalam bentuk lain.

4.      Dapat Menjadi Menu Diet

Gandum dapat digunakan sebagai menu diet paling ampuh bagi kalian yang ingin menjaga asupan penuh gizi tanpa menambah berat badan.

5.      Mampu Mencegah Batu Empedu

Gandum utuh membantu perempuan untuk menghindari batu empedu. Gandum kaya akan serat larut, yang menurunkan sekresi asam empedu.

6.      Dapat Mencegah Diabetes Tipe 2

Gandum kaya akan magnesium yang dapat menurunkan resiko penyakit koroner dan beberapa jenis kanker. Selain itu, konsumsi secara teratur gandum mempromosikan kontrol gula darah yang sehat. Orang yang menderita diabetes dapat menjaga kadar gula dengan mengganti nasi dengan gandum.

7.      Dapat Menurunkan Risiko Kematian Dini

Kematian dini banyak disebabkan oleh berbagai penyakit dan salah satu cara menghindarinya adalah dengan mengonsumsi gandum.

Itu dia informasi tentang manfaat gandum yang perlu diketahui. Gandum memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, namun perlu diingat juga bahwa tidak semua orang boleh kalian agar bisa menikmati manfaatnya untuk tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat!

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar