Logo Eventkampus

Manfaat Tanaman Pucuk Merah

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Tanaman Pucuk Merah

Siapa nih yang suka berkebun? Mungkin gak familiar ya dengan tanaman pucuk merah. Tanaman satu ini memiliki estetika dari penampilannya yang unik, namun memberikan banyak manfaat bagi lingkungan dan kesehatan nih. lalu apa saja sih manfaat tanaman pucuk merah tersebut? Mau tahu? Simak penjelasannya nih:

1.      Dapat Mengatasi Stres

Stres memiliki dampak kuat pada kesehatan. Ketika kalian merasakan tanda-tanda stres, melihat tanaman pucuk merah yang indah dapat menghilangkan stres kalian.

2.      Tanaman Pucuk Merah Sebagai Pewarna Makanan

Memasak hidangan dengan pewarna kimia tentu dapat mengundang bahaya bagi tubuh. Untungnya, tanaman pucuk merah dapat menjadi alternatif pewarna makanan alami layaknya daun pandan ataupun daun suji sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh semua orang.

3.      Tanaman Pucuk Merah Sebagai Pengharum Ruangan

Selain memiliki daun yang tumbuh secara lebat, tanaman pucuk merah pun memiliki kandungan minyak atsiri yang diekstrak dari bagian daunnya. Minyak atsiri dari tanaman ini memiliki aroma yang sangat unik dan khas, di mana kamu bisa memanfaatkannya sebagai pengharum ruangan yang sangat menyegarkan.

4.      Tanaman Pucuk Merah Sebagai Penyerap Karbon

Tanaman pucuk merah memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida.

5.      Sebagai Antioksidan Alami dan Obat Diabetes

Tanaman pucuk merah juga memiliki manfaat besar untuk kesehatan, pada bagian daun yang dapat digunakan sebagai antioksidan alami untuk mengurangi stres dan mampu melindungi sel beta pankreas akibat efek radikal bebas yang sangat berbahaya. Selain itu, terdapat pula kandungan flavonoid pada tanaman pucuk merah yang secara efektif dapat mencegah penyakit diabetes dan komplikasinya.

6.      Pucuk Merah Sebagai Pagar

Penggunaan pucuk merah sebagai pagar alami dapat dilakukan dengan stel dengan memotong bagian tanaman tertentu dan kemudian menanamnya di tanah selama beberapa waktu. Dengan cara ini, sistem akar baru terbentuk secara optimal, sehingga menyerupai pagar.

7.      Tanaman Pucuk Merah Sebagai Pencegah Longsor

Pucuk merah juga memiliki struktur akar tunggang yang sangat kuat. Kalian dapat memanfaatkan tanaman pucuk merah ini untuk mencegah tanah longsor, terutama jika Anda tinggal di daerah berbukit yang rentan terhadap tanah longsor. Bahkan, akar tanaman ini juga dapat menyimpan cadangan air dalam jumlah besar, jadi Anda bisa mengandalkannya saat musim kemarau dimulai.

8.      Sebagai Antioksidan

Pucuk merah juga memiliki manfaat kesehatan yang besar karena daunnya mengandung senyawa polifenol yang dapat digunakan sebagai antioksidan alami untuk mengurangi stres dan melindungi sel beta pankreas karena efek radikal yang sangat berbahaya.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman pucuk merah bagi kesehatan yang bisa kalian ketahui. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar