Logo Eventkampus

Tips yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk menghindarkan narkoba pada anak.

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk menghindarkan narkoba pada anak.

Orangtua memegang peranan penting dalam mencegah anak mereka menjadi pecandu narkoba. Berdasarkan survey, semakin kuat dan seringnya orangtua memperkenalkan cara menghindari narkoba di rumah, maka semakin kecil kemungkinan anak akan terpapar zat-zat aditif ini.

Berikut adalah tips yang bisa dilakukan oleh orangtua ketika mengajarkan cara menghindari narkoba pada anak.

•  Jangan ragu mengungkapkan sikap anda

Langsung katakan pada anak bahwa ia tidak boleh mengonsumsi obat-obatan terlarang, termasuk merokok dan minum alkohol, apa pun yang terjadi. Ungkapkan juga alasan Anda secara logis, misalnya nyatakan bahwa larangan itu dibuat karena Anda menyayangi anak karena narkoba membahayakan kesehatan, serta bertentangan dengan hukum.

Sebutkan konsekuensinya jika ia membandel

Orangtua bisa langsung menerapkan hukuman jika anak ketahuan mengonsumsi narkoba, rokok, atau alkohol. Misalnya, uang jajannya akan ditahan atau tidak boleh keluar rumah selama satu minggu.

Sentuh emosinya

Ingatkan anak bahwa Anda akan sangat kecewa jika si anak menjajal narkoba. Riset menyatakan bahwa anak juga memikirkan perasaan orangtua sebelum mencoba narkoba, rokok, atau alkohol. 

Tekankan bahaya langsung dari narkoba

Salah satu cara membuat anak menghindari narkoba yang efektif adalah dengan mengetahui bahaya langsung dari narkoba tersebut. Hal ini juga dikarenakan remaja cenderung berpikir untuk jangka pendek dan menganggap dirinya ‘kebal’ terhadap bahaya zat-zat aditif jika tidak merasakan efek negatifnya dalam waktu dekat.

Jadi, ketika Anda menekankan bahaya merokok, jangan katakan bahwa tindakan itu akan membuatnya menderita kanker paru-paru di hari tuanya. Melainkan, Anda bisa mengatakan bahwa merokok membuat napas menjadi bau, gigi kuning, dan batuk. 

Tekankan bahwah narkoba itu mahal

Tekankan bahwa narkoba, rokok, dan alkohol bukan barang murah. Ajak anak juga untuk mengalihkan uang yang seharusnya bisa untuk membeli barang-barang itu untuk hal yang lebih positif, misalnya ditabung untuk biaya pendidikan atau disedekahkan ke orang tidak mampu.

Beri sanjungan

Jangan segan untuk memberi pujian pada anak setiap kali ia mampu menahan diri dari godaan teman-temannya. Katakan bahwa Anda bangga memiliki anak dengan sikap positif seperti dia.

Jelaskan bahwa narkoba mengakibatkan ketergantungan

Kecanduan narkoba sering disepelekan, baik oleh pecandu itu sendiri maupun orang-orang di sekitarnya. Kecanduan dianggap mudah disembuhkan, salah satunya dengan rehabilitasi.

Padahal faktanya, rehabilitasi narkoba memakan waktu yang lama dengan proses yang tidak mudah. Proses rehabilitasi narkoba bisa makin parah jika si pemakai sudah menjadi pecandu narkoba dalam jangka panjang. Bahkan, orang yang sudah divonis sembuh dari narkoba bisa jatuh ke lubang yang sama berkali-kali.

Ketika mengenalkan cara menghindari narkoba, curahkan perhatian Anda secara penuh pada anak. Pun, Anda harus melakukan cara ini berulang kali agar anak paham betul bahwa narkoba bisa merusak masa depannya.

Penulis

foto Rizki Yoga Pratama
Rizki Yoga Pratama

Artikel Terkait

Sisi lain narkoba {narkotika berbahaya}
14 Februari 2018
Pengertian Narkoba
09 Juli 2018

Komentar