Logo Eventkampus

Pengertian Narkoba

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Pengertian Narkoba

NARKOBA

PENGERTIAN

Narkoba adalah pengertian dari narkotika , psikotropika , dan zat adiktif lainnya . narkoba adalah sekelompok zat yang dapat memberikan efek adiksi (kecanduan) . sejatinya , narkoba digunakan untuk keperluan medis seperti obat bius dan lain lain . namun kini terjadi penyalahgunaan obat terlarang ini, kini semua orang dapat dengan mudah mendapatkan obat terlarang ini . bahkan ada industry yang sengaja memproduksi obat terlarang ini untuk dipasarkan secara bebas ,bukan untuk keperluan medis. Penyebaran yang sangat luas akan obat terlarang ini tak seperti mencari sumber kebocoran pada suatu pipa . pasalnya , oknum oknum besar dan juga bertanggung jawab akan keamanan suatu Negara justru ikut dalam penyelundupan  barang haram ini ke tanah air . jenis jenis narkoba dibedakan berdasarkan bahan cara pembuatan serta efek yang diberikan kepada tubuh

Psikotropika

Adalah senyawa alami maupun sintesis yang bukan dari golongan narkotika yang dapat menyebabkan khasiat psikoaktif (mempengaruhi syaraf ) sehingga menyebabkan perubahan mental dan perilaku seseorang . yang termasuk psikotropika ialah pil KB , magadon, sabu sabu , ekstasi , LSD , dll.

Narkotika

Menurut uu no 35 tahun 2009 mendefinisikan narkotika sebagai suatu senyawa yang berasal baik dari tanaman atau bukan , sintesik ataupun semi sintesik yang memberikan efek kepada penurunan / perubahan kesadaran dan menimbulkan ketergantungan. Adapun yang termasuk narkoba ialah ganja , opium , heroin, kokain serta turunannya.

Zat adiktif lainnya

Yang termasuk kedalam golongan ini adalah kelompok senyawa yang dapat menyebabkan kecanduan atau adiksi . contohnya ialah kopi alcohol, nikotin.

Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap Kesehatan Fisik

  1. Gangguan kesehatan pada system syaraf (neurologis) seperti contohnya : kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan syaraf tepi.
  2. Gangguan kesehatan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) seperti contohnya : infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah.
  3. Gangguan kesehatan pada kulit (dermatologis) seperti contohnya : penanahan (abses), alergi, eksim.
  4. Gangguan kesehatan pada paru-paru (pulmoner) seperti contohnya : penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, pengerasan jaringan paru-paru.
  5. Sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan sulit tidur.
  6. Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan reproduksi adalah gangguan pada endokrin, seperti halnya : penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual.
  7. Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid).
  8. Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV yang hingga saat ini belum ada obatnya.
  9. Penyalahgunaan narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi over dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematian.

Penulis

foto wahyupjl
wahyupjl

Artikel Terkait

Sisi lain narkoba {narkotika berbahaya}
14 Februari 2018
GANGSTARASTA keluarkan singgle baru yang berjudul "CANDU"
16 Agustus 2018
Tips yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk menghindarkan narkoba pada anak.
05 Februari 2020

Komentar