Logo Eventkampus

Manfaat Kacang Hijau

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Kacang Hijau

Kacang hijau adalah salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan untuk menggantikan konsumsi padi. Apa saja manfaat kacang hijau pada tubuh kita? 


1. Mencegah penyakit jantung

Kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ia mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, dan mengurangi pembengkakan.


2. Mencegah kanker

Kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung polyphenol dan oligosakarida dengan kadar yang tinggi, yang mampu mengurangi perkembangan kanker.


3. Kaya protein

85 persen dari total asam amino dihasilkan oleh albumin dan globulin yang terkandung dalam kacang hijau.


4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Fitonutrien yang terkandung dalam kacang hijau bekerja sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri berbahaya, virus, iritasi, dan sebagainya.


5. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi kacang hijau meningkatkan cholecystokinin, hormon yang dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi.


6. Mengurangi efek PMS (sindrom pramenstruasi)

Kacang hijau membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang dapat memicu gejala-gejala PMS. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung vitamin B6, vitamin B dan folat.


7. Melancarkan pencernaan

Masyarakat mengonsumsi kacang hijau untuk menambah rasa serta mengurangi rasa nyeri di perut. Hal ini dikarenakan kacang hijau kaya akan serat, sehingga mempermudah proses pencernaan dan pembersihan racun dalam tubuh.


8. Mencerahkan wajah dan mengurangi jerawat

Kacang hijau dapat mendorong produksi kolagen dan mempercantik kulit, karena kacang hijau mengandung phytoestrogen yang berkhasiat menunda penuaan.


9. Membersihkan tubuh dari racun

Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung protein, tannin dan flavonoid yang efektif untuk membersihkan pestisida dan metal berat seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Pentingnya Kesehatan Bagi Tubuh
04 Juli 2018
Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan
10 Juli 2018
Ini 5 manfaat mengejutkan cuka apel untuk kecantikan
26 Juli 2018
7 Manfaat Rambut Jagung yang Jarang Diketahui
16 Januari 2020
Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan
24 Januari 2020
Manfaat Toge untuk Kesehatan
31 Januari 2020

Komentar