Logo Eventkampus

Cara Menghilangkan Bau Kaki

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Cara Menghilangkan Bau Kaki

Seharian menggunakan sepatu dan beraktivitas, ketika melepaskan sepatu, pasti ada bau tidak sedap yang muncul ya. Meskipun telah memakai kaos kaki baru, tetap saja bau kaki tidak bisa dihindari. Pasti sangat menggangu kan? Lalu bagaimana ya cara mengatasi bau kaki? Simak penjelasannya disini:

1.      Cuka

Cuka dengan kadar asam yang tinggi juga efektif untuk membunuh kuman penyebab bau pada kaki. Caranya adalah dengan mencampur gelas cuka dengan 1 baskom air lalu rendam kaki selama 15 menit. Agar mendapatkan hasil yang sempurna, lakukan cara ini rutin sekali seminggu. Namun, pastikan tidak ada luka terbuka di area kaki sebelum berendam.

2.      Lemon

Buah masam yang satu ini tidak dipungkiri lagi punya berbagai macam manfaat. Lemon bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bau kaki. Kandungan anti bakterial dalam Lemon konon bisa membasmi bakteri penyebab bau pada kaki. Caranya adalah dengan menyiapkan 6 buah lemoh yang siap diperas. Selanjutnya, campurkan sarinya dengan 1 baskom air hangat. Rendam kedua kaki ke dalam baskom selama 15 menit.

3.      Kantung Teh

Bahan lain dari dapur yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki adalah kantung teh. Cukup gunakan dua kantung teh hitam, lalu rebus dengan satu liter air selama 15 menit. Setelah itu tambahkan 2 liter air dingin dan tuangkan dalam bak atau mangkuk besar. Rendam kaki selama 30 menit dan lakukan hal ini setiap satu kali seminggu. Asam yang dihasilkan dari kantung teh berguna untuk menutup pori-pori pada kaki sehingga bantu mengurangi jumlah keringat pada kaki.

4.      Gunakan Semprotan Sepatu

Biasanya sepatu yang sering digunakan juga akan menimbulkan bau jika tidak dijemur. Sebagai solusinya, kita bisa menggunakan semprotan anti bakteri atau disinfektan untuk digunakan pada sol bagian dalam sepatu.

5.      Mengganti Sepatu

Sebisa mungkin, gantilah sepatu setiap hari. Jangan menggunakan sepatu yang sama selama seinggu berturut-turut. Gunanya agar sepatu diistirahatkan dan mendapat kesempatan untuk bernapas.

6.      Rendam Kaki dengan Air Garam

Selain itu, penting juga bagi kita untuk merawat kaki. Caranya dengan merendam kaki dengan air garam. Hal ini berguna untuk mengelupas kulit mati pada kaki dan mehilangkan bakteri pada kaki. Caranya siapkan ember dengan air hangat, lalu masukan garam secukupnya. Rendam kaki kita selama 10-20 menit.

7.      Baking soda

Kandungan baking soda bisa menetralisir pH keringat dan mengurangi bakteri. Cukup campurkan 1 sdm baking soda ke dalam 1 liter air untuk merendam kaki. Rendam selama kurang lebih 15-25 menit setiap malam selama satu minggu. Serta bisa juga dengan menaburkan sedikit baking soda ke dalam sepatu sebelum menggunakannya.

8.      Cuci Kedua Kaki Sebelum dan Sesudah Memakai Alas Kaki

Mencuci kaki sebelum dan sesudah memakai sepatu meminimalisir perkembangan bakteri pada kaki. Selain itu, pastikan untuk mengeringkan kaki yang basah agar tidak membasahi alas kaki. Lakukan ini secara rutin.

9.      Hindari Makanan Penyebab Bau Kaki

Makanan seperti rempah-rempah, daging merah, alkohol, kafein, junk food, dapat mengganggu proses produksi keringat sehingga keringat yang dihasilkan akan bau. Maka, hindarilah makanan-makanan tersebut.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi bau kaki yang bisa kalian coba nih. semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar