Logo Eventkampus

Manfaat Getah Kamboja

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Getah Kamboja

    Bagian kamboja yang sering di gunakan adalah bunganya. Namun apakah Anda tahu bahwa getah kamboja ternyata memiliki manfaat yang berguna bagi tubuh manusia? Berikut merupakan penjelasannya.


1. Sebagai antibiotic

 Getah kamboja memiliki kandungan fulvoplumierin yang dapat berguna sebagai antibiotic dengan dosis yang tepat. Zat ini dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Salah satu penggunaanya adalah apabila Anda merasa gatal pada sela-sela jari kaki dikarenakan adanya kuman air dsb yang ditandai dengan adanya luka kecil-kecil dan kulit pecah-pecah. Namun ingat, jangan aplikasikan pada kulit yang lunak maupun sensitive karena dapat menyebabkan iritasi maupun luka yang lebih parah.


2. Membantu mengobati bisul

 Getah kamboja dapat berguna pula untuk mematangkan bisul dan melunakkan katimumul serta kutil. Penyembuhan masalah kulit tersebut dengan menggunakan getah kamboja tidak begitu memberikan rasa sakit pada penderitanya karena getah kamboja mampu mengiritasi kulit dengan sedikit radang sehingga nanah akan keluar dan tidak merusak syaraf. Meskipun demikian, hindari getah kamboja pada mulut dan mata karena zat aktifnya dapat membahayakan organ tersebut.


3. Membantu mengatasi rasa sakit pada gigi

  Bagi sebagian orang sakit gigi yang dirasakan dapat sangat tidak tertahankan. Apabila Anda mengalami sakit gigi, penyembuhan dengan getah kamboja dapat Anda coba. Sifat anestesi pada getah kamboja dapat membantu mengatasi rasa sakit pada gigi karena karies maupun pada permulaan perawatan ortodontik.

   Untuk menyembuhkan sakit gigi, silahkan taruh getah kamboja pada gigi dengan menggunakan cotton bud. Berhati-hatilah untuk tidak meletakkanya pada gigi yang sehat dikarenakan justru dapat merusak gigi. Getah kamboja ini sangat keras, maka ada pula yang menyarakankan untuk mencampurkannya dengan minyak kelapa hangat sebelum menggunakannya pada gigi. Dosis penggunaanya cukup 1-2 kali sehari. Meskipun demikian, ini hanya untuk pengobatan sementara yaa.


4. Membantu menghilangkan tahi lalat

  Adanya tahi lalat pada tubuh khususnya wajah terkadang dapat mempermanis penampilan bahkan mengganggunya. Bagi sebagian orang yang ingin menghilangkan tahi lalat, barangkali penggunaan getah kamboja dapat menjadi solusinya. Caranya sangatlah mudah, Anda tinggal mengambil getah kamboja dengan kapas ataupun cotton bud lalu dieluskan pada tahi lalat Anda. Silahkan lakukan secara berkala hingga tahi lalat hilang dengan sendirinya.


5. Membantu mengobati borok

   Manfaat lain dari getah kamboja adalah membantu mengobati borok. Cara penggunaanya adalah hampir sama ketika mengobati bisul. Namun sebelum getah kamboja diaplkasikan pada borok, cuci borok terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat.

     Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat getah kamboja untuk pengobatan tradisional. Setelah membaca artikel ini, Anda dapat memanfaat getah kamboja untuk masalah-masalah seperti di atas ya. Silahkan share artikel ini apabila bermanfaat.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Komentar