Logo Eventkampus

8 Bahaya Minum Teh Setiap Hari Bagi Tubuh

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
8 Bahaya Minum Teh Setiap Hari Bagi Tubuh

Apakah kamu orang  yang  terbiasa minum teh setiap pagi untuk membangkitkan semangat? Tapi tahukah kamu, apa yang terjadi dalam tubuh kamu jika terus-menerus melakukan kebiasaan ini? Pada dasarnya, baik teh atau kopi mengandung kafein hanya kadarnya yang berbeda. Oleh karena itu, minuman ini pun tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong, meski ditemani oleh makanan ringan. Meskipun teh punya manfaat baik berkat kandungan antioksidan dan katekin, jika diminum saat perut kosong bisa berdampak buruk.

1.     Dapat Menyebabkan Depresi

Minum kopi setiap hari lebih dari 7 gelas dapat meningkatkan dampak psikologis yang tidak menentu berupa rasa gelisah dan kecemasan yang berulang serta depresi berat.

2.     Menyebabkan Serangan Jantung

Bagi penderita jantung minum teh secara berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh arteri jantung dan menyebabkan denyut jantung menjadi tidak beraturan dan memicu serangan jantung mendadak.

3.     Menyebabkan Kurang Darah

Asam tanat feros pada teh dapat menghambat penyerapan zat besi dan vitamin dan hilangnya eritrosit dalam tubuh yang menyebabkan seseorang terserang penyakit kurang darah atau anemia.

4.     Menyebabkan Tubuh Kurang Cairan

Mengkonsumsi teh setiap hari dalam jumlah yang berlebihan atau lebih dari 7 gelas sangat berbahaya bagi kesehatan karena kandungan senyawa pada kopi mampu mengikat dan menyerap cairan dalam tubuh sehingga menyebabkan tubuh terserang dehidrasi, Akibatnya tubuh mudah kelelahan.

5.     Menghambat Sirkulasi Darah

Minum teh secara berlebihan setiap hari dapat menyebabkan Zat cafein dan polifenol pada teh membentuk kristal, menumpuk dan menyumbat aliran darah sehingga pasokan darah yang berisi oksigen sulit untuk menyebar keseluruh peredaran darah dengan normal.

6.     Menyebabkan Sakit Kepala

Bahaya minum teh setiap hari pada orang orang yang kurang tidur dan kelelahan dapat mudah terlihat jika mengkomsumsi minuman teh lebih 7 gelas perharinya karena dapat mengakibatkan saraf saraf seputar kepala menjadi menegang dan melebar sehingga menimbulkan sakit kepala dan migren yang dapat terjadi secara berulang dan tiba tiba.

7.     Mengganggu Kesehatan Mulut

Ketika mengonsumsi teh di pagi hari, bakteri di mulut akan memecah gula yang mengarah ke peningkatan kadar asam di mulut. Ini dapat menyebabkan erosi enamel pada gigi. Bahkan dapat menyebabkan radang gusi karena bakteri yang berlebihan menumpuk.

8.     Menghambat Penyerapan Nutrisi

Kelebihan senyawa cafein dan polifenol dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh kesulitan menyerap nutisi yang dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi, termasuk zat besi.

Pada dasarnya teh memiliki kandungan senyawa yang sama yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi setiap hari dalam jumlah yang berlebihan atau lebih dari 7 gelas. Agar manfaat teh semakin baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh maka dapat ditambahkan bersama susu, jahe atau lemon.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Benarkah Minum Teh Membuat Orang Lebih Kreatif
19 Juli 2018

Komentar