Logo Eventkampus

Fakta Menarik Anak Pertama

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Fakta Menarik Anak Pertama

Adakah yang lahir sebagai anak pertama dan memiliki karakter berikut?

    Anak sulung sering disebut sebagai ‘kelinci percobaan’ bagi orangtua karena mereka belum punya pengalaman sebelumnya bagaimana membesarkan anak. Hal ini yang menyebabkan ada beberapa fakta anak pertama yang membedakannya dengan adik-adiknya.

    Bukan berarti menjadi anak sulung adalah hal yang buruk, justru ada karakter menarik yang mereka miliki. Apa saja?


1. Lebih mandiri

  Anak sulung cenderung tak memiliki masalah dalam menjelajahi dunia sendiri. Tumbuh besar dengan memiliki beberapa adik berarti orangtua fokus mengurus hal-hal lain sehingga anak sulung harus bisa mengurus dirinya sendiri.


2. Peduli pada orang lain

 Anak tertua dapat merawat dan menjaga adik-adiknya ketika orangtua membutuhkan bantuan. Si sulung terbiasa menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk menemani adik-adiknya yang mungkin mencarinya untuk kenyamanan atau yang membutuhkan perlindungan.


3. Pemimpin

   Anak pertama sering diserahi tanggung jawab. Anak sulung lebih cenderung memegang peran sebagai pemimpin.


4. Pekerja keras

  Anak sulung cenderung beriorientasi pada prestasi. Memiliki adik membuat anak sulung lebih sulit untuk mendapatkan perhatian orangtua.

    Jadi, anak sulung bekerja keras untuk membuat orangtuanya terkesan, misalnya dengan memperoleh nilai baik di sekolah. Sifat inilah yang terus terbawa hingga ia dewasa.


5. Si pengambil keputusan

  Anak sulung biasanya bersedia menuruti apa yang dikatakan oleh orangtua atau sosok yang memiliki kuasa. Anak pertama lebih mudah untuk menyesuaikan diri karena ia gampang membuat keputusan.

    Si anak pertama cenderung tak suka memberontak daripada anak kedua yang cenderung suka bertualang.


6. Anak pertama lebih pandai dalam menguasai bahasa kedua selain bahasa ibu

    Fakta ini mungkin terasa mengejutkan. Urutan kelahiran ternyata dapat memengaruhi seberapa baik seseorang dalam menguasai bahasa kedua.

  Dalam keluarga yang memakai dua bahasa (bilingual) anak sulung menunjukkan kemampuan memakai bahasa kedua lebih baik daripada saudara kandungnya yang lahir kemudian.


7. Tidak mungkin terlibat dalam perilaku berisiko

   Anak sulung cenderung berperilaku baik selama masa remaja. Anak sulung jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menggunakan narkoba atau seks bebas dibanding anak tengah atau anak bungsu.

   Memang, tidak semua anak sulung akan memiliki semua karakter di atas. Namun, sebagai anak pertama, Anda cenderung menunjukkan kerja keras, kemandirian, dan jiwa pemimpin.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Komentar