Logo Eventkampus

Manfaat Sehat Ini Kamu Dapatkan Jika Sarapan Telur Rebus

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Sehat Ini Kamu Dapatkan Jika Sarapan Telur Rebus

     Meski rasanya tak segurih telur goreng atau omelet tetapi telur rebus punya manfaat sehat. Karenanya lebih baik sarapan telur rebus. Telur jadi menu sarapan favorit banyak orang. Ini karena telur praktis dan relatif murah. Selain digoreng, dibikin orak-arik atau omelet, cara sederhana menikmati telur adalah direbus. 

      Telur rebus bisa dibuat dengan tingkat kematangan sesuai keinginan. Yang keras kuning telurnya, lembek atau bahkan meleleh cair. Tergantung pada lamanya telur direbus. Selain nutrisi telur, berikut ini beberapa manfaat sehat lainnya dari konsumsi telur rebus. 


1.Mendorong metabolisme 

Kandungan asam amino dalam telur membuat tubuh lebih mudah memakai proteinnya. Karena telur tinggi protein sehingga bisa mendorong metabolisme hingga kalori. Telur juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang mengurangi penyerapan kolesterol. 


2.Rendah kalori

Telur rendah kalori karena hanya mengandung 78 kalori per butirnya. Jika ingin mengurangi lemak, Anda bisa menyisihkan kuning telurnya. Tetapi jika ingin lebih kenyang bisa konsumsi 2 butir telur yang kalorinya kurang dari 200 kalori. 


3. Memberi rasa kenyang 

Makan telur akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga tak cepat lapar. Ini karena telur kaya protein sehingga mengurangi keinginan makan berlebihan. 


4. Kaya akan kolesterol baik 

Telur dapat menaikkan kadar HDL (high density lipoptotein) atau kolesterol baik. Orang dengan kadar HDL tinggi memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung dan masalah kesehatan lain yang serius. Makan 2 butir telur tiap hari bisa meningkatkan HDL. 


5.Mempertajam penglihatan 

Telur mengandung dua antioksidan esensial, lutein dan zeaxanthin. Kedua antioksiden ini menjaga kesehatan mata. Melindungi mata dari sinar UV juga dapat mengurangi risiko katarak sejak dini. 


6. Mengurangi kembung 

Perut kembung umumnya disebabkan oleh makanan kurang sehat. Dengan sarapan telur rebus Anda akan merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keingian menyantap makanan sembarangan. Konsumsi telur rebus akan memberi rasa kenyang yang tak terlalu berat sehingga lebih nyaman di perut. 


7. Menjaga kesehatan otak 

Makan dengan teratur bisa menjaga kesehatan otak. Telur rebus mengandung vitamin dan mineral yang membantu fungsi otak. Menjaga fungsi sel otak, memori, sistem syaraf dan metabolisme. 

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

INILAH KANDUNGAN DALAM TELUR
04 Juli 2018
Kegunaan Cangkang Telur
25 Juli 2018

Komentar