Logo Eventkampus

Manfaat Meletakkan Tanaman Lidah Mertua Di Dalam Rumah

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Manfaat Meletakkan Tanaman Lidah Mertua Di Dalam Rumah

Lidah Mertua merupakan tanaman hias yang cukup populer dijadikan penghias bagian dalam rumah. Lidah Mertua bisa tumbuh dalam kondisi yang minim cahaya matahari dan air. Selain perawatannya yang mudah, Lidah Mertua juga memiliki karakteristik yang estetis. Daunnya yang keras, sukulen, tegak, dan ujungnya yang meruncing membuat tanaman hias ini sangat cocok diletakkan di sudut ruangan. Ternyata, di balik tampilannya yang rupawan, lidah mertua memiliki banyak manfaat yang belum diketahui orang banyak. Dan berikut manfaat meletakkan tanaman Lidah Mertua di dalam rumah:

1.     Dapat Menyembuhkan Sakit Kepala

Orang zaman dahulu sangat bergantung pada tanaman untuk mengobati penyakit-penyakit yang menimpa mereka. Ketika sakit kepala, mereka biasanya menggunakan tanaman hias lidah mertua untuk mengatasinya. Untuk memanfaatkannya, cukup bakar saja daun dari tanaman ini.

2.     Dapat Mengurangi Radiasi

Sering menggunakan barang-barang elektronik di rumah seperi TV, laptop, dan komputer? Ada baiknya kamu menyimpan lidah mertua di samping barang elektronik tersebut, lho. Karena, lidah mertua mampu mereduksi gelombang radiasi yang dihasilkan oleh barang-barang elektronik tersebut sehingga mata pun akan terjaga kesehatannya.

3.     Dapat Menghasilkan Oksigen

Tanaman ini memurnikan udara dengan menyerap racun melalui daun dan menghasilkan oksigen murni. Bahkan, lidah mertua adalah tanaman yang bisa diletakkan di kamar tidur yang ideal. Sementara sebagian besar tanaman lain melepaskan karbon dioksida pada malam hari (tanpa adanya fotosintesis), Lidah merua terus memproduksi oksigen.

4.     Dapat Menyerap Polusi Udara

Pada umumnya, tanaman hijau memang bisa dimanfaatkan untuk menyerap CO2 yang ada di dalam ruangan. CO2 tersebut dibutuhkan oleh tanaman untuk berfotosintesis dan kemudian tanaman tersebut akan memproduksi oksigen. Itulah alasan mengapa kamu selalu merasakan kesejukkan ketika berteduh di bawah pohon di siang hari yang terik.

5.     Dapat Mencegah Alergi

Tanaman lidah mertua tidak menghasilkan alergen (pencetus alergi). Tumbuhan tersebut menyerap racun dan melepaskan oksigen. Lidah mertua dapat melepaskan uap air di udara dan mengurangi alergen di udara.

6.     Menetralkan Aroma Yang Tak Sedap Pada Kulkas

Tanaman ini juga mampu menyerap bau tak sedap sebuah ruangan, terlebih bau kulkas yang lembap. Kamu bisa mengatasi masalah bau dengan cara menaruh potongan lidah mertua di pintu kulkas dan sela-sela ruangan. Tidak hanya di rumah, lidah mertua juga kerap digunakan untuk mereduksi senyawa beracun berbahaya di sebuah ruangan khusus produksi agar tak terhidup oleh para pekerja.

7.     Dapat Membuat Rambut Berkilau

Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan saja, tanaman lidah mertua juga sangat baik untuk kecantikan, lho. Buktinya, tanaman ini bisa digunakan untuk merawat rambut. Dengan mengolah akarnya menjadi sari dan mengusapkannya pada rambut, hal ini akan menyegarkan area kepala sehingga rambut akan tetap sehat dan berkilau.

Nah, itulah beberapa manfaat dari Lidah Mertua yang jarang diketahui orang banyak ya. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Daftar tanaman hias paling pas untuk rumah Indonesia
18 Juli 2018
Tanaman hias ini cantik tapi beracun, bikin kejang hingga kematian
23 Januari 2020
Tanaman Hias Tapi Beracun!!
26 Februari 2020

Komentar