Logo Eventkampus

Tanaman Hias Tapi Beracun!!

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Tanaman Hias Tapi Beracun!!

Menghadirkan suasana hunian yang segar dan sejuk salah satunya dapat dilakukan dengan cara meletakkan tanaman hias. Kalian dapat meletakkan tanaman hias di dalam maupun di luar rumah. Warna-warni tanaman hias yang cantik selain dapat membuat rumah semakin sejuk juga akan menambah aksen semarak pada rumah dan energi positif bagi penghuninya.

Namun siapa sangka, dibalik rupa tanaman hias yang cantik, ternyata ada beberapa tanaman hias yang beracun dan berbahaya bagi makhluk hidup. Berikut ini beberapa tanaman hias yang beracun: 

1. Hydrangea

Jenis tanaman hias yang satu ini sering sekali hadir sebagai dekorasi di dalam rumah. Jenis dan warnanya yang beragam menjadikan hydrangea menjadi tanaman hias favorit banyak orang. Namun daun tanaman hias ini mengandung senyawa glikosida sianogen dan akan mengeluarkan senyawa hidrogen sianida yang sangat berbahaya bagi tubuh apabila tertelan.

2. Caladium

Hampir mirip dengan rhubarb, tanaman hias yang juga masuk dalam keluarga talas dan keladi ini juga beracun. Daun tanaman hias ini apabila tertelan oleh manusia ataupun hewan dapat menyebabkan pembengkakan pada mulut dan lidah. Efek jangka panjangnya juga akan mengakibatkan kesulitan bernapas.

3. ZZ Plant (tanaman dolar) 

Tanaman Dolar adalah jenis tanaman hias yang sering ditempatkan di sudut ruangan. Namun seluruh bagian dari tanaman hias ini beracun. Tanaman hias ini mengandung senyawa oksalat yang dapat mengakibatkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit. Jika kalian tak sengaja menyentuh daun tanaman hias ini, cepatlah mencuci tangan dengan sabun hingga bersih.

4. Sanseviera

Lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman hias populer yang banyak ditanam dalam pot di rumah. Memiliki bentuk seperti pedang, tanaman hias ini ternyata beracun. Meskipun kadar racun pada tanaman lidah mertua tidak terlalu tinggi, namun tetap saja berbahaya. Efek samping yang ditimbulkan dari racun tanaman ini adalah muntah-muntah dan diare.

5. Angles Trumpet

Tanaman hias yang memiliki bunga cantik ini mengandung zat hallucinogen yang beracun. Zat ini dapat membuat seseorang mengalami halusinasi, karenanya tanaman hias ini juga termasuk ke dalam salah satu jenis narkotika. Tanaman hias ini mengandung senyawa atropine, hyoscyamine, dan scopolamine yang diklasifikasikan sebagai senyawa penghilang kesadaran.

6. Rhubarb

Jenis tanaman hias yang satu ini termasuk ke dalam keluarga pohon talas atau keladi. Daun tanaman hias ini memiliki racun yang berbahaya dan bisa mematikan fungsi ginjal. Tanaman hias ini umum sekali ditanam di rumah, karena daun dan batangnya dapat diolah menjadi makanan yang enak. Tapi, kalian harus tetap berhati-hati ya!

7. Wisteria

Tanaman hias berwarna ungu lavender ini berasal sangat terkenal di Cina dan Jepang. Namun siapa sangka, jenis tanaman hias ini memiliki racun pada setiap bagiannya, terutama pada biji yang diproduksinya. Seluruh bagian tanaman hias ini mengandung senyawa saponin yang apabila tertelan, dapat menyebabkan pusing, kebingungan, mual, muntah, sakit perut, diare dan yang terparah pingsan.

Nah itu tadi beberapa tanaman hias yang beracun, meskipun tanaman itu kelihatan indah tak luput dengan racun" yang berbahaya bagi tubuh. Untuk itu berhati hatilah ketika Anda dekat dengan tanaman hias yang beracun itu, terimakasih. 



Penulis

foto Agung Setiawan
Agung Setiawan
Panggil saja Agung👌

Artikel Terkait

Daftar tanaman hias paling pas untuk rumah Indonesia
18 Juli 2018
Tanaman hias ini cantik tapi beracun, bikin kejang hingga kematian
23 Januari 2020
Manfaat Meletakkan Tanaman Lidah Mertua Di Dalam Rumah
13 Februari 2020

Komentar