Logo Eventkampus

Fakta Unik Buah Nangka

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Fakta Unik Buah Nangka

      Buah Nangka adalah buah berdaging serat yang memiliki bau dan rasa yang khas. Buah ini umumnya dikonsumsi di beberapa negara Asia seperti Indonesia, Sri Lanka, dan Bangladesh. Daging buah nangka mempunyai zat tepung dan buah ini juga dikenal bermanfaat bagi kesehatan. Nangka merupakan sumber makanan yang kaya vitamin A, C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin, dan seng.


5 fakta unik tentang buah nangka:

1. Buah nangka sangat banyak sekali manfaatnya, yaitu: untuk kesehatan mata dan kulit, menyembuhkan borok dan gangguan pencernaan, meningkatkan energi dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi bakteri dan virus.

2. Nangka terutama ditemukan untuk dibudidayakan di daerah tropis atau dekat dengan iklim tropis. Nangka dianggap sebagai buah pohon yang terbesar di dunia karena mencapai 36 kg berat badan, 90 cm dan 50 cm. 

3. Ada sebuah fenomena buah Ajaib. Di Bekasi, Jawa Barat, terdapat buah nangka yang di dalamnya berisi pisang. Buah ajaib itu pun hingga sekarang masih tergantung di pohon nangka. tetapi Belum diketahui apa yang menyebabkan buah nangka itu berisi pisang.

4. Di daerah Indonesia ini ada berbagai macam makanan khas dari buah nangka. di daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Gudeg Jogja, di daerah malang yaitu Kprik nangka, di daerah padang yaitu gulai nangka, dan lain - lain.

5. Di daerah kalimantan ada buah yang mirip dengan buah nangka adalah Buah Keledang. keledang merupakan buah yang mulai terlupakan seiring dengan habisnya hutan-hutan alami. Pohonnya dapat menjulang tinggi mencapai 30 meter dan berdaun lebar dan sedikit berbulu. Pohon keledang dapat berbuah sejak 5 tahun setelah tanam.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Baik Untuk Kesehatan Inilah Manfaat Biji Nangka Yang Jarang Diketahui
19 Februari 2020

Komentar