Logo Eventkampus

Baik Untuk Kesehatan Inilah Manfaat Biji Nangka Yang Jarang Diketahui

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Baik Untuk Kesehatan Inilah Manfaat Biji Nangka Yang Jarang Diketahui

Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan buah nangka yang banyak diolah menjadi berbagai menu makanan. Buah nangka yang telah matang bisa disantap langsung atau dijadikan pelengkap aneka makanan seperti sup buah segar hingga campuran puding.

Buah nangka kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun tak hanya daging buahnya, biji nangka juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Biji nangka yang telah dimasak memiliki rasa lezat dan lembut seperti kentang. Terlebih, biji nangka juga bisa dikonsumsi semua orang, baik anak-anak maupun orang tua. Lalu, apa saja manfaatnya? Berikut adalah manfaat biji nangka untuk kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui banyak orang :

1.     Dapat Mencegah Kanker

Biji nangka mengandung senyawa seperti antioksidan yang bermanfaat mencegah kanker. Selain itu, biji nangka juga mampu menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.

2.     Dapat Mengontrol Diabetes

Biji nangka memiliki senyawa yang bersifat anti-diabetik dan dipercaya efektif mengatasi penyakit diabetes. Biji nangka sangat disarankan bagi pasien diabetes maupun seseorang yang memiliki risiko terkena penyakit diabetes. Biji buah nagka akan sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

3.     Dapat Memelihara Kesehatan Mata

Biji nangka memiliki kandungan vitamin A yang dapat memelihara kesehatan mata. Mengonsumsi sayur biji nangka secara rutin dapat mencegah kamu dari penyakit mata seperti rabun senja hingga katarak.

4.     Dapat Mengatasi Anemia

Biji nangka dapat meningkatkan asupan zat besi ke dalam tubuh. Biji nagka baik bagi kamu yang memiliki kadar hemogblobin atau sel darah merah yang rendah. Kadar  besi dalam biji nagka juga mampu mencegah dan mengatasi anemia sekaligus mencegah beberapa penyakit yang berhubungan dengan darah.

5.     Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Tingginya kadar antioksidan yang terkandung dalam biji nangka, membuatnya dapat memperbaiki kesehatan dan kecantikan kulit kamu. Manfaat biji nangka juga bisa menunda penuaan dini sehingga terlihat awet muda. Biji buah nangka juga mampu mengurangi bekas jerawat, bintik-bintik penuaan, dan kerutan pada wajah.

6.     Dapat Mengurangi Risiko Diare

Sebagian besar orang zaman dahulu telah menggunakan biji nangka sebagai obat diare. Ekstrak biji nangka memiliki sifat anti-mikroba yang akan menghambat pertumbuhan bakteri. Biji nangka juga mengandung nutrisi dan memperlancar pencernaan.

7.     Dapat Menjaga Kesehatan Rambut

Biji nangka juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe, serta mengendalikan uban yang keluar terlalu dini. Ekstrak biji nangka juga sangat cocok digunakan untuk memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut dari kerontokaan.

Nah, itulah beberapa manfaat dari biji nangka yang mungkin jarang kalian ketahui. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Fakta Unik Buah Nangka
13 Februari 2020
Buah yang mampu menghilangkan bau mulut
20 Februari 2020

Komentar