Logo Eventkampus

Inilah 4 Kasta Piagam Youtube Play Button yang Sering Dipamerkan Youtuber

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Inilah 4 Kasta Piagam Youtube Play Button yang Sering Dipamerkan Youtuber

Menjadi Youtuber mulai dipandang sebagai lahan pekerjaan menjanjikan bagi banyak anak muda ya. Soalnya, memang banyak banget Youtuber sukses yang bahkan bisa beli mobil dan rumah sendiri dari hasil membuat video di channelnya. Sebut saja Atta Halilintar dan Ria Ricis, mereka bahkan jadi Youtuber dengan subscriber atau pengikut terbanyak di Asia Tenggara.

Youtube sendiri selaku penyedia platform video, tentu nggak diam saja melihat penggunanya kebanjiran subscriber. Yup, Youtube akan menggajinya! Selain itu, mereka juga akan membagikan semacam trofi atau penghargaan yang dikenal dengan sebutan Youtube Play Button, setiap subscribernya mencapai angka tertentu. Trofi ini kerap muncul di video-video Youtuber, entah dipajang, di-unboxing, atau sengaja dipamerkan. Tapi dengan warna beda-beda ya. Mau tahu apa saja kasta penghargaan Play Button:

1.     Di kasta terendah, ada Silver Play Button

Sesuai namanya, plakat ini warnanya silver, dan diberikan kepada Youtuber yang sudah mencapai 100.000 subscribers. Sebelum dikirim, Silver Play Button dipasang di semacam pigura kaca, dengan ucapan “Congratulations” disertai nama channel si penerima. Di Indonesia, Youtuber yang punya trofi ini sudah banyak banget. Semakin banyak orang memakai Youtube, semakin mudah pula bagi Youtuber mendapatkan subscriber.

2.     Di atas Silver Play Button ada Gold Play Button

Youtuber yang mau mendapatkan trofi ini harus punya 1 juta subscriber dulu. Seperti halnya Silver Play Button, Gold Play Button juga dipasang di pigura kaca dengan ucapan selamat dan nama channel yang tertulis di kacanya. Cuma ukurannya lebih besar dari yang silver. Youtuber yang mau mendapatkan trofi ini harus menyentuh angka 1 juta dulu pada subscribernya. Di Indonesia, Youtuber yang sudah mencapai 1 juta subs juga sudah mulai banyak. Seperti channel makan-makan Ria SW atau channel vlog milik Arief Muhammad.

3.     Setelah Gold Play Button, masih ada Diamond Play Button

Ini sih di Indonesia baru Atta sama Ria Ricis aja yang punya, soalnya subscriber mereka sudah mencapai 10 juta. Diamond Play Button bisa diperoleh Youtuber yang sudah menyentuh angka 10 juta subscriber. Sekilas mungkin mirip Silver Play Button ya, tapi kalau diperhatikan lagi beda kok. Yang diamond ini kelihatan kayak lebih “mahal” gitu, apalagi ditambah kristal yang membentuk tombol ‘play’ di tengahnya. Di Indonesia, ada 2 Youtuber yang sudah menerima trofi ini baru Atta Halilintar dan Ria Ricis. Dengan subscriber segitu, nggak heran kalau dua anak muda ini sudah bisa beli rumah dan mobil mewah sendiri. Soalnya pendapatannya memang bisa mencapai miliaran rupiah!

4.     Setelah Diamond Play Button masih ada lagi nih Guys, namanya Custom Play Button

Bentuk plakatnya bisa request sendiri dong! Sebenarnya, Youtube belum secara resmi memutuskan apa nama trofi bagi Youtuber yang sudah mencapai 50 juta subscriber. Tapi orang pada menyebutnya Custom Play Button, karena memang bisa dipesan sesuai keinginan. Youtuber pertama di dunia yang mendapat plakat ini adalah PewDiePie, subscribernya menyentuh angka 50 juta pada 2016 lalu. Ia pun meminta plakat berwarna merah yang ia beri nama Ruby Play Button –yang sebenarnya nggak ada tombol ‘play’nya juga sih.

Nah, gimana nih ada yang mau jadi Youtuber gak ? Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

Cara Merubah Tema Gelap pada Youtube
05 Februari 2020
Cara Menarik Uang dari Youtube
06 Februari 2020
Syarat Monetisasi Youtube 2019
06 Februari 2020
6 Cara mendapatkan uang dengan Chanel youtube:
28 Februari 2020
5 Cara Download Video YouTube Menggunakan HP,Mudah,Cepat dan Praktis.....
10 Maret 2020
Paket Harga Jasa Live Streaming Event Kampus di Jakarta
20 Januari 2021

Komentar