Logo Eventkampus

Tips Merawat Piano Akustik

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Tips Merawat Piano Akustik

 Banyak orang Indonesia yang mempunyai hobi dan kegemaran terhadap musik yang cukup tinggi. Tidak jarang mereka akan mengeluarkan banyak uang untuk memenuhi hasrat mereka terhadap bermusik, termasuk membeli alat musik dengan harga yang fantastik seperti piano akustik. Berikut adalah tips merawat piano akustik.


1. Bersikan piano secara keseluruhan

  Saat membersihan piano, semua bagian harus dibersikan secara merata meenggunakan kuas yang halus dan lap kain yang lembut agar tidak merusak body piano. Membersihkan piano harus dilakukan secara rutin agar piano tidak berdebu.


2. Tempatkan piano di tempat yang terang dan sirkulasi udaranya cukup

    Untuk menjaga piano dari kelembaban udara yang berlebihan, maka piano harus di tempatkan di ruangan yang terang, dengan pencahayaan yang cukup. Hal ini tidak berarti piano harus terkena sinar matahari secara langsung. sirkulasi udara yang cukup. Hal ini menghindari piano dari kekeroposan dan kerosi yang dapat merusak piano kesayangan.


3. Lakukan pengecekan suara piano

  Dalam melakukan pengecekan suara dapat kalian lakukan bersamaan dengan memainkan piano kesayangan kalian, hal ini untuk menjaga suara piano kalian. Bila suara piano kalian ada yang fals, segera lakukan stem ulang piano kalian. Bagi kalian yang tidak menguasai stem piano segera panggil teknisi piano untuk melakukan stem piano kalian, hal ini menghindari dari kerusakan pada piano kalian. 


4. Mainkan piano secara rutin

  Bagi kalian pecinta alat musik piano, pastinya bisa memainkan piano kesayangan meskipun tidak terlalu mahir. Untuk menjaga piano kesayangan kalian, maka kalian harus memainkan piano secara rutin minimal sekali dalam seminggu.


5. Saat musim hujan pasang pemanas piano

  Apabila musim hujan datang, segera pasang alat pemanas piano. Hal ini menghindari dari lembab yang dapat merusak piano kesayangan kalian.


 Bagaimana? Mudah bukan untuk merawat piano kalian. Bahkan kalian tidak memerlukan banyak biaya untuk perawatan piano kalian. Hal ini dapat menekan pengeluaran kalian. Segera praktikkan pada piano kesayangan kalian.

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Artikel Terkait

Tak Hanya Gunakan Medsos, Ini Tips Kembangkan Bisnis Kecil Era Daring
27 Desember 2019
10 Tips Cantik Alami Ini Layak Kamu Coba, Demi Wajah yang Makin Memesona!
30 Desember 2019
Cara Membuat Es Pisang Ijo
28 Januari 2020
Tips Menyimpan Sayuran Agar Tahan Lama dan Segar di Dalam Kulkas
19 Februari 2020
Cara Membuat Diri Agar Disiplin Dan Komitmen
25 Februari 2020
Banyak tugas di kantor, cepat membuat Anda menjadi stres... Mau tau apa sih cara menghilangkan stress karena banyak tugas di kantor? Oke berikut ini ada beberapa cara menghilangkan stress..
03 Maret 2020

Komentar