Logo Eventkampus

Bahaya Penggunaan Lilin Aromaterapi Di Ruangan Bagi Kesehatan

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Bahaya Penggunaan Lilin Aromaterapi Di Ruangan Bagi Kesehatan

Lilin aromaterapi kerap digunakan para pemilik rumah untuk menciptakan suasana nyaman di dalam ruangan. Wanginya yang harum dapat membantu mendatangkan mood positif dan rasa menangkan pikiran.

Namun, ternyata menyalakan aromaterapi terlalu sering di dalam ruangan, dapat memicu bahaya untuk kesehatan tubuh penghuni rumah lho. Keharumanan lilin aromaterapi memang sangat membantu menenangkan pikiran. Akan tetapi menggunakannya terlalu sering dalam waktu yang panjang berdampak pada efek samping yang tidak baik pula. Oleh karena itu, ada baiknya tidak menyalakan lilin aromaterapi terlalu lama. Berikut ini bahaya dari lilin aromaterapi jika digunakan dalam durasi yang panjang.

1.     Dapat Merusak  Ginjal Dan Hati

Selain dapat menganggu saluran pernapasan, kandungan VOC dari hasil ekstrak aromaterapi yang diuapkan memproduksi aerosol organik sekunder. Bila zat tersebut dihasilkan terus menerus, juga akan memicu kerusakan ginjal dan hati.

2.     Dapat Meningkatkan Risiko Kanker

Ketika lilin aromaterapi dibakar, terdapat berbagai macam zat kimia di dalamnya yang akan menyebar dan bercampur dengan udara sekitar ruangan. Jika bersentuhan dengan udara, zat kimia tersebut juga akan menghasilkan molekul, yang akan mengubah struktur DNA dan memicu tumbuhnya sel kanker pada hidung dan tenggorokan.

3.     Dapat Memicu Keracunan Pada Anak-Anak

Penggunaan lilin aromaterapi di rumah yang tidak hati-hati juga berpotensi memicu keracunan pada anak-anak. Maka dari itu, ada baiknya bila kamu menjauhkannya dari jangkauan anak-anak. Apabila tertelan, zat kimia aromaterapi bisa meracuni tubuh si kecil dan membahayakannya.

4.     Dapat Menimbulkan Penyakit Asma

Jika ada anggota keluarga kamu yang mengidap penyakit asma, disarankan untuk tidak menggunakan aromaterapi di rumah. Hal itu dikarenakan,kandungan Volatile Organic Compound yang terdapat di dalam aromaterapi bisa mempengaruhi peningkatan inflamasi di tubuh, yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada saluran pernapasan.

5.     Merusak Jantung Dan Paru-Paru

Terjadi peningkatan partikel polusi disaat lilin aromaterapi terbakar di sebuah ruangan. Maka tidak mengherankan, penggunaan aromaterapi yang terlalu sering berdampak pada jantung dan paru-paru.

Nah, itulah beberapa bahaya jika kalian terlalu lama menggunakan lilin aromaterapi. Jadi, hati – hati ya kalau ingin menggunakan lilin aromaterapi. Semoga bermanfaat.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Komentar