Logo Eventkampus

Makanan yang Dapat Mencegah Serangan Jantung

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Makanan yang Dapat Mencegah Serangan Jantung


Serangan jantung adalah keadaan darurat. Serangan jantung biasanya terjadi ketikan gumpalan darah menghalangi aliran darah ke jantung. Tanpa darah, jaringan kehilangan oksigen dan mati. Serangan jantung dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan jantung sejak dini.

Salah satu pencegahan agar tak terkena serangan jantung adalah mengonsumsi makanan yang baik bagi jantung dan pembuluh darah. Terdapat sejumlah makanan bernutrisi tinggi untuk menjaga kesehatan jantung dan melancarkan pembuluh darah. Berikut 5 makanan yang dapat mencegah serangan jantung.

1.  Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Sayuran hijau ini merupakan sumber vitamin K yang dapat melindungi pembuluh arteri.

Sayuran hijau ini juga mengandung nitrat yang mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah. Asupan sayuran hijau berhubungan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

2.  Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Lemak tak jenuh dikaitkan dengan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Alpukat juga kaya akan kalium, nutrisi penting untuk jantung. Konsumsi kalium juga dapat menurunkan tekanan darah yang dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke yang lebih rendah.

3.  Gandum utuh

Gandum utuh kaya akan serat yang dapat mengurangi kolesterol jahat. Kolesterol yang menumpuk merupakan faktor risiko yang dapat memicu serangan jantung. Gandum juga dapat menurunkan tekanan darah sistolik. Makan tiga porsi gandum utuh setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen.

4. Tomat

Tomat kaya akan likopen, antioksidan yang mampu melawan inflamasi pada organ jantung. Antioksidan ini dapat mencegah kerusakan oksidatif di jantung dan pembuluh darah. Kadar likopen yang rendah di dalam darah dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Lakukan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga, tidak merokok dan tidak mengonsumsi alkohol, istirahat yang cukup, dan rutin memeriksa kesehatan.

5.  Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, kembung, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi salmon tiga kali seminggu menurunkan tekanan darah sistolik.

Konsumsi ikan dalam jangka panjang juga dikaitkan dengan kolesterol, trigliserida, dan gula darah yang juga lebih rendah.

 

Penulis

foto Earlyta Wanodyo
Earlyta Wanodyo

Komentar