Logo Eventkampus

Tips Mengatasi Kulit Hidung Kering Dengan Mudah

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Tips Mengatasi Kulit Hidung Kering Dengan Mudah

Kamu pernah mengalami kulit kering dan mengelupas di ujung hidung? Saking keringnya bahkan kadang terasa perih ya. Hal ini biasanya dialami oleh pemilik jenis kulit wajah cenderung kering, meskipun tidak menutup kemungkinan bisa alami juga oleh pemilik jenis kulit wajah lainnya, seperti kulit kombinasi. Hal itu terjadi entah karena cuaca kering di musim kemarau atau perubahan suhu ekstrem di musim hujan. Lalu bagaimana cara menyingkirkan kulit kering di area hidung?  Simak penjelasan dibawah:

1.      Jangan Garuk Saat Kulit Hidung Terasa Gatal

Kulit kering kadang suka menimbulkan rasa gatal. Bila ini yang terjadi tahan keinginan kamu untuk menggaruknya. Menggaruk kulit yang sedang terluka bukan hanya bisa menambah lebih banyak bakteri pada ujung hidung tapi juga bisa menimbulkan infeksi. Lebih baik kipas-kipas hidung kamu ketika terasa gatal.

2.      Hindari Pembersih Wajah Antibakteri

Pembersih wajah yang mengandung antibakteri cenderung membuat kulit tambah kering. Jadi kalau biasanya kamu menggunakan pembersih wajah yang memiliki kandungan antibakteri untuk sementara harus disingkirkan dan diganti dengan pembersih wajah yang tidak akan menghilangkan kelembapan dari wajahmu. Pembersih wajah yang mengandung lidah buaya atau olive oil adalah yang cocok digunakan untuk kondisi ini.

3.      Hindari Membersihkan Wajah Dengan Air Hangat

Semakin panas air maka akan semakin mengeringkan kulit. Dengan kondisi ujung hidung kering dan mengelupas sangatlah tidak disarankan membersihkan wajah dengan air hangat karena akan makin membuat kering hidung kamu. Sebaiknya gunakan air dengan suhu normal ketika membersihkan wajah. 

4.      Lembapkan Hidung

Gunakan skincare yang dapat mengembalikan kelembapan hidung. Kamu bisa pakai produk yang mengandung petroleum jelly, minyak zaitun, minyak almon, atau minyak wijen yang sudah terbukti bisa membantu melembapkan kulit. Oleskan secara rutin satu sampai dua kali sehari pada ujung hidung. Pastikan salah satunya dioleskan sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

5.      Lebih Banyak Minum Air Putih

Kulit kering pada ujung hidung merupakan salah satu indikasi kurangnya kelembapan. Jangan memparah kondisi dehidrasi ini dengan malas mengkonsumsi air putih. Justru di kondisi seperti ini kamu harus minum lebih banyak air putih.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit kering di area sekitar hidung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Penulis

foto Leny oktavya
Leny oktavya

Artikel Terkait

3 Buah-buahan yang Ampuh Mengatasi Kulit Kering
13 Januari 2020

Komentar