Logo Eventkampus

Cara mengatasi Diare

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara mengatasi Diare

1. Minum banyak cairan

Banyak yang menyepelekan masalah pencernaan satu ini. Namun jika tidak cepat-cepat diatasi, diare parah bisa menyebabkan dehidrasi yang semakin memperburuk kondisi Anda.

Maka, sering-sering minum tidak hanya membantu mengatasi dehidrasi tapi juga mencegah tubuh makin kehilangan banyak cairan. Banyak minum air juga sekaligus menjadi cara yang baik untuk mengatasi gejala diare.

Sumber cairan terbaik selama Anda sedang diare adalah air putih. Anda juga bisa minum minuman olahraga atau cairan oralit yang bisa dibeli di apotek tanpa resep dokter.

Cara mengobati diare dengan minum oralit bahkan dikatakan lebih efektif daripada minum air saja. Pasalnya, oralit mengandung elektrolit dan mineral yang lebih lengkap dari air putih.

2. Makan makanan sehat rendah serat

Jangan hanya memastikan Anda cukup minum air. Cara mengatasi diare yang Anda lakukan tidak akan efektif jika masih suka makan sembarangan.

Makanan yang tidak tepat justru akan makin memberatkan kerja usus sehingga memperparah gejala diare.

Pilihlah makanan yang tinggi karbohidrat tapi rendah serat saat Anda masih diare agar mudah dicerna dan diserap oleh perut. Dengan begitu, usus Anda tidak bekerja terlalu keras untuk mengolah makanan.

3. Hindari makanan yang membuat diare makin parah

Cara mengatasi gejala diare agar tidak semakin parah adalah dengan menghindari makanan tertentu.

Makanan yang harus dihindari adalah makanan yang pedas, digoreng, berminyak, dan yang mengandung pemanis buatan (permen, minuman kemasan, dsb).

Makanan tersebut umumnya tidak bisa dicerna dan diserap dengan baik jika Anda sedang diare. kopi, minuman bersoda, serta susu dan produk olahannya seperti es krim juga perlu dihindari sampai diare sembuh.

Daftar makanan dan lain yang harus dihindari selama Anda menerapkan cara mengatasi diare di rumah, antara lain:

·         Kacang polong

·         Beri 

·         Brokoli

·         Kubis 

·         Kol bunga

·         Buncis 

·         Jagung

4. Makan dalam porsi kecil

Saat terserang diare, jangan makan dengan porsi yang terlalu banyak. Makan dengan porsi kecil tapi sering menjadi cara mengatasi diare yang aman.

Pasalnya, usus Anda terus dipaksa bekerja ekstra keras selama diare. Apabila Anda menambah beban kerja usus dengan langsung makan banyak, yang ada diare jadi lama sembuhnya. 

 

Penulis

foto Fajar
Fajar
Perkenalkan Nama: Fajar Agus Prasetyo Alamat: Dukuh Rt03/02 Jati Jaten Karanganyar Asal sekolah: SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar