Logo Eventkampus

Menghemat Uang dengan Mudah

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Menghemat Uang dengan Mudah

Menghemat Uang dengan Mudah

 

1.    Disiplin Atur uang

Mengatur keuangan itu tidak sulit. Kunci utamanya ialah disiplin mengatur uang. Saat Anda memutuskan untuk berhemat, pastikan hemat Anda tidak hanya bertahan seminggu saja, tetapi bisa terus berlanjut. Disiplinlah mengatur uang dengan cara sederhana seperti berbelanja sesuai dengan kebutuhan Anda.

2.    Hindari Pembelian Dadakan

Dalam menjalani hidup hemat, Anda diharapkan bisa menahan godaan belanja. Kuncinya, jangan membeli sesuatu yang mendadak atau diluar pos pengeluaran bulanan, kecuali memang hal tersebut sifatnya penting. Kendalikan diri Anda dari berbelanja barang yang tidak bersifat wajib. Mengeluarkan uang untuk barang yang tak penting karena godaan sale, cuci gudang, diskon besar-besaran  adalah pemborosan.

3.    Hindari Hutang

Ciptakan keuangan sehat untuk diri Anda. Gunakan kartu kredit dengan maksimal dan manfaatkan dengan bijak. Ada banyak manfaat positif dari berbelanja dengan kartu kredit yang bisa membantu Anda untuk lebih berhemat dan mengendalikan pengeluaran Anda. ada pula sisi negatifnya, yaitu hutang yang menumpuk akibat pemakaian tidak terkendali. Gunakan dan manfaatkan kartu kredit Anda dengan baik dan hindari hutang yang tidak perlu.  

 

4.    Lawan Kebiasaan Boros

Semua orang pasti memiliki kebiasaan buruk, misalnya tidak bisa mengatur keuangan dan boros. Kebiasaan buruk ini berdampak negatif pada keuangan Anda. Mulai hari ini, Anda harus belajar untuk mengendalikan kebiasaan buruk tersebut dan menggantinya perlahan dengan kebiasaan positif. Tidak mudah memang, tetapi Anda harus berusaha untuk mencobanya.

    5Hindari Persaingan Gaya Hidup

Pilihan persaingan gaya hidup sehat dengan cara menghindari persaingan gaya hidup yang hanya membuat Anda semakin boros. Berfokuslah pada gaya hidup sederhana, sehat dan sejahtera. Jadilah diri sendiri dan tidak perlu meniru orang lain, terapkan gaya hidup sederhana namun sejahtera, daripada bergaya tetapi banyak hutang.  

Stop bersikap boros dan gengsi. Hindari membeli di luar kemampuan Anda. Gaya hidup hemat saat berbelanja juga perlu diterapkan. Belilah produk yang memang anda butuhkan atau Anda mampu membelinya. Jangan tergoda dengan iklan, apalagi sampai berutang menggunakan kartu kredit.

 

Penulis

foto Fajar
Fajar
Perkenalkan Nama: Fajar Agus Prasetyo Alamat: Dukuh Rt03/02 Jati Jaten Karanganyar Asal sekolah: SMK BHINA KARYA KARANGANYAR

Komentar