Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan Manusia:

access_time | label Berita
Manfaat Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan Manusia:

Tumbuhan paku atau yang memiliki nama latin Tracheophyta ini adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Tanaman ini memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan tanaman pada umumnya. Hanya saja tumbuhan paku ini berkembang dengan menggunakan spora.

Pada umumnya tanaman ini tumbuh di tempat-tempat yang lembab (higrofit) namun ada juga yang tumbuh di air (hidrofit) ataupun menempel pada pohon (epifit).

Di zaman yang sangat berkembang ini keberadaan tumbuhan paku memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Seperti sebagai bahan makanan, tanaman hias, obat herbal dan masih banyak yang lainnya.

Nah berikut ini beberapa manfaat tumbuhan paku untuk kehidupan: 

1. Untuk Tiang Bangunan

Pada umumnya tiang bangunan khususnya kayu berasal dari pohon jati, kayu mahoni, kayu ulin dan lainnya. Nah kali ini tanaman paku juga dapat dijadikan sebagai bahan bangunan dan biasanya digunakan sebagai tiang bangunan.

Jenis Tanaman paku ini adalah Alsophila glauca (pakis haji). Jenis kayu dari tanaman paku ini memiliki struktur yang sangat kuat sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tiang sebuah bangunan.

Sehingga bangunan ini akan memiliki struktur yang kokoh.

Tanaman paku ini memiliki tinggi pohon 5-15 meter dan batang yang bulat sempurna. Tidak memiliki cabang seperti tanaman pada umumnya. Paku haji juga memiliki batang yang kasar dan berserabut.

2. Dijadikan Tanaman Hias

Manfaat tumbuhan paku selanjutnya adalah sebagai tanaman hias. Karena seperti yang kita ketahui ada beberapa jenis tanaman paku yang memiliki bentuk yang unik. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai salah satu tanaman hias di halaman rumah anda.

Adapun beberapa jenis tanaman paku yang memiliki bentuk yang unik dan menarik. Adiantum Cuneatum (suplir), tanaman paku ini memiliki ciri-ciri seperti daun yang panjang namun lebih cenderung membentuk bulat.

Dalam perawatan tanaman ini anda juga harus memperhatikan sinar matahari yang mengenainya. Sebisa mungkin hindarkan Suplir ini dari paparan sinar matahari langsung.

Asplenium nidus (paku sarang burung), jenis paku ini biasanya di tempatkan menggantung atau menempel pada salah satu pohon. Karena tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman ini adalah epifit.

Tanaman ini memiliki daun yang menyirip dan memanjang, Sebisa mungkin hindarkan tanaman ini dari paparan sinar matahari langsung. Jika dilakukan hal ini akan membuat daun menjadi menguning.

Platycerium biforme (paku tanduk rusa), tumbuhan paku yang memiliki daun bercabang yang menyerupai tanduk rusa ini merupakan jenis tanaman epifit sejati. Artinya tumbuhan paku ini dapat berkembang jika memiliki pohon yang dapat ia tinggal.

3. Sumber Energi Fosil

Seperti yang kita ketahui jika tumbuhan paku adalah salah jenis tanaman yang berasal dari zaman dinosaurus. Dan hal ini yang menjadikan tumbuhan paku sebagai salah satu komponen penyusunan batu bara.

4. Sebagai Properti

Salah satu jenis tanaman paku yang memiliki manfaat terbanyak adalah jenis paku pakis haji. Karena tidak hanya batangnya saja yang berfungsi namun hampir semuanya memiliki fungsi yang bermanfaat bagi manusia.

Seperti serat yang dapat di jadikan sebagai pengganti kapas pada kasur atau sejenisnya. Daunnya juga dapat dijadikan sebagai atap rumah tradisional.

5. Untuk Penggosok

Manfaat dari tanaman paku selanjutnya adalah dapat dijadikan sebagai bahan pembuat ampelas (penggosok). Jenis dari paku ini adalah Equisetum sp (paku ekor kuda).

6. Sebagai Obat Obatan

Manfaat tumbuhan paku juga sangat luar biasa, yaitu dapat di jadikan sebagai obat herbal. Seperti yang kita ketahui jika obat-obatan herbal memiliki efek samping yang lebih sedikit.

Ini berbeda dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia yang nantinya dapat menimbulkan efek ketergantungan.

Jenis tanaman paku yang memiliki manfaat sebagai obat adalah Equisetum (paku kuda). Jenis paku ini dapat dijadikan sebagai obat diuretik atau memperlancar membuang air kecil.

Selaginella (paku rane), paku jenis ini biasa di gunakan sebagai obat luka karena mengandung antibiotik.

Alsophila glauca (paku haji) daun dari jenis paku ini dapat digunakan sebagai obat diare. Lycopodium clavatum (paku kawat) jenis paku ini dapat di gunakan sebagai obat penyakit kulit tertentu.

Nah itu tadi beberapa manfaat tumbuhan paku untuk kehidupan manusia, semoga bermanfaat. 

Penulis

foto Agung Setiawan
Agung Setiawan
Panggil saja Agung👌

Share

Komentar

Komentar