Logo Eventkampus

tips membersihkan mobil

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
tips membersihkan mobil

Tips  Membersihkan Mobil tanpa Harus ke Salon Mobil

Menjual mobil memang menjadi pilihan anda ketika ini memang diperlukan. Apapun jenis dan merek mobil anda, tetap saja sebuah mobil bekas yang hendak anda jual.

Mobil bekas (second hand car) pasti memiliki harga jual yang cukup jauh dengan harga barunya. Namun masih bersifat relatif tergantung kondisi mobil bekas tersebut baik eksterior maupun interiornya.

Setiap pembeli pasti akan melihat tampilan mobil bekas yang akan mereka beli sebelum memeriksa kondisi mesinnya.

Mempercantik interior dan eksterior mobil bekas yang akan anda jual merupakan langkah yang sangat disarankan agar harga jual mobil bekas tersebut terjaga dengan baik. Artinya, harga jual tidak terjun bebas.

Membersihkan mobil bekas tidak harus menggunakan jasa salon mobil. Untuk menghemat biaya dan dapat melakukan pembersihan secara detail, anda bisa melakukannya sendiri.

Dengan alat pembersih sederhana seperti sikat, handuk atau kain lap anda dapat melakukan pembersihan terhadap eksterior dan interior mobil anda.

Simak ulasan berikut mengenai pembersihan secara detail sebelum mobil anda dijual.

1. Bodi

Sebelum anda melakukan pencucian, pastikan mobil anda berada di tempat yang teduh. Hindari pencucian ketika permukaan mobilnya masih dalam keadaan panas. Tunggu hingga permukaannya sejuk termasuk pada ban juga.

Sambil menunggu suhu permukaan mobil turun, anda bisa menyiapkan alat- alat yang akan anda gunakan. Anda sebaiknya menggunakan handuk serat mikro dengan bulu tebal.

Bahan tersebut akan bisa mengangkat kotoran dan tidak membuatnya masuk ke dalam permukaan mobil lainnya. Sediakan juga sabun pembersih mobil, bukan deterjen pencuci piring.

  • Saat melakukan pencucian sediakan dua ember. Satu dengan pembersih yang berbusa, satu lagi hanya berisi air. Kedua ember ini memiliki fungsi masing- masing. Setelah anda mencelupkan kain ke dalam air berbusa dan membersihkan mobilnya, kemudian kain yang menjadi berbusa dan kotor dicelupkan ke dalam ember yang berisi air. Hal ini untuk menjaga kain tetap bersih untuk mengambil busa pembersih lagi setelahnya dan tentu tidak mengotori ember pembersih.
  • Sebelumnya telah disebutkan bahwa hindari penggunaan deterjen pencuci piring. Deterjen pembersih tersebut dapat mengupas polimer dari lapisan cat mobil anda. Efek lainnya adalah dapat mempercepat proses oksidasi juga.
  • Lakukan penyemprotan terlebih dahulu dengan air bersih ke seluruh permukaan bodi mobil. Penyemprotan ini untuk mengangkat kotoran, jamur atau lemak yang menempel di mobil anda. Pada bagian- bagian tertentu seperti kolong mobil akan lebih baik disemprot dengan air bertekanan lebih tinggi.
  • Mulailah mencuci mobil dari bagian atas lalu ke bawah. Gunakan sabun dengan PH rendah dan gunakan spons untuk memberi sabun pada bodi mobilnya. Mulailah mencuci dan memberi sabun dari bagian atap mobil, kemudian langsung bilas dengan air bersih sebelum sabun mengering. Lakukan dan ulangi pada bagian lain setelah bagian tadi sudah bersih.
  • Untuk meminimalisir bercak- bercak lakukan penyemprotan dengan air bersih pada bilasan akhir di seluruh bodi. Lalu keringkan dengan handuk. Perlu perhatian, jangan biarkan angin atau panas matahari mengeringkannya. Jika itu terjadi maka akan timbul bercak- bercak sabun.
  •  

2. Bagian Roda

Lanjutkan pembersihan ke bagian ban. Bersihkan pelek terlebih dahulu, karena pada bagian ini memang banyak sekali kotoran seperti debu dan minyak yang berkumpul.

Dalam proses pembersihan anda disarankan untuk membiarkan sejenak sabun berada di pelek tersebut agar menyerap selama 1 atau 2 menit sebelum kemudian disikat dan dibilas.

Adapun yang perlu diingat, yaitu:

  • Pembersih berbasis asam hanya boleh untuk digunakan pada roda alloy bertekstur kasar.
  • Roda chrome bisa dibuat mengkilap dengan menggunakan semir logam atau pembersih kaca.

Selain membersihkan dengan cara seperti biasa, berikut adalah beberapa pilihan sebagai tips untuk membersihkan ban mobil anda.

Menggunakan Minuman Bersoda

  1. Cuci ban mobil anda seperti biasanya. Gunakan sabun yang biasa digunakan untuk menghilangkan bekas noda seperti minyak, percikan oli atau kotoran lainnya yang serupa.
  2. Keringkan ban setelah dicuci. Keringkan dengan mengelap untuk mempercepat proses pengeringan tersebut.
  3. Gunakan air minuman bersoda untuk mengusap ban. Dengan bantuan kain yang bersih, usapkanlah air soda tersebut secara merata ke seluruh bagian ban mobil anda. Tunggu hingga kering dan lihat hasilnya.

Menggunakan Silikon Cair

Secara penggunaan tidak ada yang berbeda dengan penggunaan semir ban pabrikan pada umumnya. Namun, bahan dasar semir ban pabrikan tersebut adalah silikon cair ini sendiri. Tapi karena harga silikon cair yang tinggi, maka pabrikan mencampurnya dengan bahan lain.

Jadi, secara singkat, penggunaan 100% silikon cair untuk melapisi ban mobil anda adalah penggunaan semir ban mobil berkualitas super.

Untuk membuat semir ban cair sendiri yang lebih terjangkau, silikon bisa dicampur dengan bahan lain yaitu turpentine cair. Perbandingannya adalah 70% turpentine dan 30% silikon.

Cara kerja larutan ini pada dasarnya adalah untuk melapisi ban secara tipis, kuat dan tahan air sehingga akan membuat ban tampak mengkilap dan seperti baru.

Menggunakan Produk Semir Pabrikan

Penggunaan semir ban pabrikan adalah cara yang biasa. Untuk tahu bahan dasarnya sudah dijelaskan di poin sebelumnya. Biasanya penggunaan semir pabrikan ini digunakan oleh mereka yang ingin sesuatu yang praktis dan siap pakai.

Kaca Mobil

Untuk urusan membersihkan kaca mobil dari kotoran yang membandel, anda bisa menggunakan kain serat mikro ketika mencucinya dan mengelapnya. Jika anda tidak memiliki serat mikro bisa menggunakan kain bersih yang bebas serat.

Anda tentu tidak mau meninggalkan sisa- sisa serat di dalam mobil setelah membersihkannya.

Pada bagian kaca luar, harus tampak mengkilap dan memantulkan cahaya, bukan kusam dan kotor.

Berhati- hatilah dengan jendela yang berwarna. Pewarna pabrik sudah melekat pada kaca tersebut, dan dapat terurai ataupun rusak oleh pembersih yang mengandung amonia dan atau cuka. Maka dari itu, periksalah pembersih anda sebelum menggunakannya ke jendela berwarna mobil anda.

Interior

  • Keluarkan karpet lantai dan sedot debu yang ada pada karpet tersebut, alas, bagasi, jok, rak bagasi dan dashboard. Jangan sampai ada yang terlewatkan, satu debu bisa memicu debu yang lain datang. Mulailah dari bagian atas, lalu ke bawah. Debu atau kotoran yang terkumpul di atas bisa jatuh ke bawah. Hal ini menjadi lebih efisien dalam membersihkannya.
  • Gunakan busa pembersih dan gosok dengan kain atau spons basah untuk membersihkan noda karpet atau jok. Sebelum diseka dengan handuk biarkan beberapa menit. Ulangi jika noda belum juga hilang. Untuk langkah akhir, cuci bagian yang dibersihkan dengan spons basah dan seka lagi. Pastikan juga untuk mengeringkan bagian yang basah dengan pasti, karena kelembapan bisa menyebabkan tumbuhnya jamur.
  • Lap permukaan interior yang keras dengan pembersih serbaguna yang lembut. Gunakan pelapis interior untuk sentuhan akhirnya.
  • Berikan perhatian juga pada lubang AC untuk detailing. Semprotkan sedikit vinyl pada kisi- kisi lubang AC untuk membuatnya terlihat mengkilap dan bersih.
  • Pada jok mobil penting untuk membuat detail yang bagus. Tapi bahan jok yang berbeda tentu akan memiliki cara pembersihan yang berbeda juga. Anda mungkin akan perlu menyedot debu jok atau area di sekitarnya.
  • Pada jok atau komponen interior mobil yang terbuat dari bahan kulit bisa menggunakan kondisioner jika diperlukan. Penggunaan kondisioner ini agar komponen yang terbuat dari kulit tersebut akan terlihat menarik dan selalu lembap sehingga tidak mengering dan mengelupas.

Demikian tips dan beberapa ulasan tentang pembersihan eksterior dan interior mobil anda sebelum anda jual. Namun diluar topik tersebut, pembersihan dan perawatan ini (detailing) hendaknya dilakukan minimal sebulan sekali untuk menjaga kebersihan dan kondisi material mobil anda agar tetap prima dan cemerlang.

Selamat mencoba

Penulis

foto nofa dwi wibowo
nofa dwi wibowo
smk muhammadyah 2 karanganyar

Artikel Terkait

Mahasiswa IPB Manfaatkan Kulit Bawang untuk Kerajinan
06 Juni 2017
Unpad Gelar Buka Puasa Bersama Civitas Academica dan Anak-anak Yatim Piatu
06 Juni 2017
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, BPPT Bekerjasama dengan ITB
09 Juni 2017
Beranda / Berita / Pentingnya Peran Pemerintahan Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat
16 Juni 2017
Timus Bakal Jadi Menu Khas Karanganyar
05 Juli 2017
Pengertian smadav
12 Juli 2018

Komentar