Logo Eventkampus

Cara Merawat Kucing Persia

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
Cara Merawat Kucing Persia

Cara Merawat Kucing Persia

 

Cara  merawat kucing persia gimana ya? Kucing persia memang selalu identik dengan bulu yang lucu dan indah dan sangat ideal dijadikan hewan peliahraan tetapi biasanya jenis peliharaan seperti kucing persia ini memerlukan perawatan khusus untuk membuat bulu kucing tetap indah dan sehat.

Nah disini para catlovers perlu memahami dahulu tentang maksud dari “perawatan khusus ya”. Perawatan khusus itu bukan berarti perawatan yang mahal terhadap si kucing persia ini.

Kali ini kita akan membahas bagaiamana sih cara merawat kucing persia, nah berikut ini ada beberapa cara untuk merawat kucing persia. Simak baik-baik ya catlovers

1. Membersihkan lingkungan si kucing

Oke katakanlah kamu sudah punya ruangan khusus untuk si kucing persia, selanjutnya ialah menjaga kebersihan lingkungan. Entah menyapu, mengepel dan lain sebagainya. Kalau dia di kandang, tentu kandangnya harus terjaga kebersihannya juga.

2. Siapkan tempat makanan dan minuman, juga makanannya

Untuk tempat makanan dan minuman kucing aku saranin sih jangan yang terlalu cekung. Aku sempat salah beli, soalnya kucingku lidahnya tidak terlalu panjang untuk mengjangkau makanan dan minumannya hehe

3. Mulai memberikan makan si kucing

Nah apabila para catlovers ini ingin melihat kucing kesayangannya sehat terus, tidak ada salahnya dong kalo kita memberi makanan yang cocok untuk si kucing.

Yang pasti harus mengandung semua nutrisi yang diperlukan ya, agar kucing kalian selalu berada dalam kondisi yang prima bahkan bisa membuat bulu tumbuh indah dan mengkilap.

4. Duh kucingnya pup

Kalau kamu sudah mempersiapkan kotak pasir dan pasirnya sih ini akan jadi lebih mudah, usakan beberapa hari sekali membuang kotoran si kucing ya. Kemudian seminggu sekali cuci atau ganti pasir kucingnya.

5. Memandikan kucing persia

Dalam memandikan kucing persia biasanya kita membutuhkan shampo yang khusus untuk merawat bulu kucing.

Kalau kamu punya uang lebih, aku sarankan kucing persia grooming aja di petshop terdekat.

Minimal mandi satu minggu sekali (kalau kucing terlihat kotor banget) atau dua minggu sekali juga cukup. Juga dengan memandikan kucing persia, menjadi salah satu cara menghilangkan kutu kucing.

 

6. Memberikan vaksin

Vaksin sebenarnya penting tidak penting ya, namun untuk kucing persia aku rasa kamu harus mevaksinnya sesuai jadwal. Vaksin ini biasanya sih di tempat praktek dokter hewan.

7. Merawat bulu kucing

Sebenarnya sih mandi menjadi salah satu cara merawat kucing persia, namun tentunya bukan mandi saja kan? Ada beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan untuk merawat bulu kucing persia.

Misalkan, menyisir bulu kucing persia. Karena kucing persia sendiri memiliki kemampuan yang minim untuk merawat bulu mereka sendiri.Nah dalam menyisir kucing persia ini para cat lovers bisa menggunakan sisir logam sebanyak dua kali seharu supaya si kucing tidak kusut dan agar bulu kucing persia tersebut tetap bersih dan berkilau.

Kemudian seka bulu kucing persia dengan tisu bayi.

Nah salah satu cara ini merupakan cara merawat kucing persia untuk pemula yang cukup simpel. Pasti para catlovers bertanya “kenapa menggunakan tisu bayi?”

Perlu cat lovers ketahui nih tisu bayi itu ideal digunakan dalam merawat kucing persia karena bisa membuat bulu kucing berbabu harum, dan yang pasti tidak menyebabkan alergi karena formula tisu bayi yang lembut.

Terkadang beberapa masalah bisa terjadi pada bulu kucing, contohnya bulu kucing yang rontok.

8. Ajak main si Kucing

Para catlovers pasti pernah merasa bosan kan? Kalo berdiam diri seharian, nah sama seperti si kucing. Karena kucing persia ini merupakan jenis kucing yang pada umumnya dipelihara didalam rumah.

Maka ajaklah si kucing bermain bersama supaya membuat kucing tetap aktif dan tidak jenuh karena cara ini merupakan cara merawat kucing persia yang cukup ampuh bagi si kucing.

9. Beri sedikit ruang kosong di sekitar jendela rumah

Cara merawat kucing persia yang berikutnya adalah dengan memberi sedikit ruang kosong disekitar jendela rumah.

Kenapa? Supaya sikucing dapat berjemur. Perlu para catlovers ketahui nih berjemur bisa membantu menjaga kesehatan si kucing loh.

Tapi jangan sampai kucingmu kabur!

10. Kontrol selalu kesehatan kucing

Nah cara merawat kucing persia yang terakhir perlu para catlvoers catet nih. Kalian harus selalu rajin mengontrol kesehatan si kucing.

Salh satu car untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing kesayangan para catlovers , diperlukan sebuah vaksin yang sebelumnya sudah aku singgung.

Karena pada dasarnya kucing adalah hewan yang sangat peka terhadap penyakit jadi hal tersebut perlu dilakukan supaya si kucing kesayangan para catlovers sehat terus.

Waspadai permasalahan berikut :

Cara merawat kucing persia agar selalu sehat diatas aku rasa biasa banget untuk dipraktekkan.

Penulis

foto Cahyo Bagus Putro Pratomo
Cahyo Bagus Putro Pratomo
SMK Bhina Karya Karanganyar

Artikel Terkait

Tips Menjadi Cewek/Cowok Yang Terkenal Disekolahan Atau Dikampus
06 Juli 2017
mencegah penuaan dini
28 Desember 2017
tips cara mencegah jerawat
28 Desember 2017
Sudah Lulus Tapi Belum Dapat Kerja, 5 Tips Agar Tetap Produktif
16 Juli 2018
Tips menghemat penggunaan air bersih di rumah
18 Juli 2018
Jangan letakkan ikat rambut di pergelangan tangan!
18 Juli 2018

Komentar