Logo Eventkampus

Kiat Mahasiswa ITS Taklukkan Smart Competition

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Kiat Mahasiswa ITS Taklukkan Smart Competition

Ketua Tim Baskara, Wahid Fajar Sidik mengungkapkan jika ia bersama dua rekan timnya sudah mempersiapkan seluruh kebutuhan lomba dari jauh-jauh hari. Persiapan tersebut dimulai dari mencari referensi materi dari ragam departemen hingga ke student chapter (SC) yang ada di ITS. “Mencari referensi dari ragam sumber ini berguna untuk menunjang pemahaman dan wawasan personel tim,” imbuhnya mewakili rekan timnya. 

Lebih dalam, Wahid bercerita bahwa ia bersama Sean Chen G dan M Ilham Fahreza rela berjuang mengumpulkan referensi ilmiah dari Departemen Biologi, Teknik Kelautan, Teknik Perkapalan, Teknik Transportasi Laut, hingga ke Society of Petroleum Engineer (SPE) SC ITS. “Yang mana referensi belajar kami tersebut kami pilih lantaran memiliki bidang ilmu yang sesuai dengan materi untuk smart competition,” ujar mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan ini. 

Tak hanya itu, tim Baskara juga rutin belajar bersama tiap pekannya. Meskipun sedang dikejar tanggungan seminar proposal tugas akhir (TA), Wahid dan tim rela meluangkan waktu demi menyamakan pemahaman dan saling bertukar ilmu. Terlebih lagi, ia menyambung, skema kompetisi yang mereka ikuti mengharuskan personel tim untuk mampu menjawab soal secara individu sebelum nilai ketiganya digabung menjadi satu. “Sehingga, wawasan masing-masing dari kami sangat berpengaruh dalam menentukan hasil akhir,” terang pria asal Bandung ini.

Terakhir, Wahid berpendapat, perlu strategi khusus dalam memahami mekanisme perlombaan. Sebab, dalam lomba sejenis smart competition, tiap kategori soal memiliki variasi bobot nilai yang berbeda. Ia meyakini, peserta perlu memperhatikan hal tersebut agar setiap soal yang dikerjakan dapat menghasilkan gabungan nilai maksimal. “Oleh karenanya, kami memenangi kompetisi itu dengan fokus pada soal berbobot besar dan menghindari nilai minus sebaik mungkin,” bebernya.

Di sisi lain, alumnus SMAN 1 Banjarnegara ini mengharapkan agar mahasiswa ITS yang melirik perlombaan sejenis smart competition dapat lebih banyak lagi. Bukan tanpa alasan, menurutnya, lomba macam ini mampu memacu mahasiswa ITS untuk lebih bersemangat dalam menyelami satu bidang keilmuan. “Sehingga dapat menambah wawasan serta mempelajari hal baru sebagai bekal ke depannya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Mukhammad Akbar Makhbubi
Redaktur: Muhammad Faris Mahardika



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2021/03/11/kiat-mahasiswa-its-taklukkan-smart-competition/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Hakikat Pemuda Indonesia dalam Semangat Sumpah Pemuda
30 Oktober 2019
Tiga Emas Sukses Diborong Tim ITS dalam Dua Ajang Internasional
16 Desember 2019
Degradasi Moral Akademik Generasi Milenial, Salah Siapa?
20 Desember 2019
Melalui Kuliah Lapangan, Mahasiswa ITS Bantu UMKM
06 Januari 2020
Kunci Jaga Ekosistem dalam Keberlanjutan Industri Manufaktur
07 Februari 2020
ITS Ciptakan Tiga Inovasi untuk Menangani Virus Corona
24 Maret 2020

Komentar