Logo Eventkampus

KKN ITS Bantu Tingkatkan Produktivitas Pembelajaran Jarak Jauh

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
KKN ITS Bantu Tingkatkan Produktivitas Pembelajaran Jarak Jauh

Anggota Tim KKN, Hana Ghaliyah Azhar, menyebutkan bahwa SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung merupakan salah satu sekolah favorit di Tulungagung. Selain itu, predikat sekolah terbaik di Indonesia juga pernah diraih sekolah tersebut dengan mempertahankan indeks integritas ujian nasional selama enam tahun berturut-turut. “Hal itu juga yang membuat kami tertarik untuk melakukan kegiatan pengabdian melalui pelatihan PJJ,” ujarnya. 

Lebih lanjut, pelatihan ini sendiri hadir untuk meningkatkan kemampuan guru sekolah menengah di masa pandemi COVID-19. Digelar pada 3-4 September 2020 melalui platform Google Meet, pelatihan tersebut juga dihadiri oleh guru SMP dan SMA yang ada di wilayah Tulungagung dan sekitarnya. “Menurut kami, dengan meningkatnya kemampuan guru, maka produktivitas PJJ menjadi meningkat,” sambung Hana.

Adapun pelatihan yang diberikan berupa penyampaian materi serta praktik langsung mengenai cara penggunaan platform Google untuk mendukung proses PJJ. Platform Google yang dikenalkan kepada para pengajar antara lain Google Meet, Google Form, dan Google Classroom. “Setelah diberi materi, dilakukan evaluasi melalui tugas praktik individu untuk mengukur kemampuan para guru sekolah menengah tersebut,” imbuhnya.

Bersyukur, hasil yang dicapai, cukup memuaskan karena para guru sekolah menengah tersebut sudah mulai paham dan tertarik menggunakan platform Google sebagai media pembelajaran daring Selain itu, antusiasme dari peserta dan para guru SMA Negeri 1 Boyolangu terhadap kegiatan pelatihan ini sangat luar biasa. “Bahkan setelah pelatihan selesai, banyak dari peserta menginginkan untuk diadakan pelatihan-pelatihan seperti ini sesegera mungkin,” ungkap Hana.

Melalui program pelatihan ini, Hana dan tim berharap dapat membagikan pengetahuan terkait teknologi yang menjadi tuntutan globalisasi kepada para guru. “Sehingga nantinya, para guru mampu menggunakan teknologi yang dapat membantu dan mempermudah aktivitas belajar mengajar secara daring,” harap mahasiswi asal Tulungagung tersebut.(*)

Reporter: ion4

Redaktur: Heny Tri Hendardi



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2021/03/11/kkn-its-bantu-tingkatkan-produktivitas-pembelajaran-jarak-jauh/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

ITS Tantang SDM Salurkan Ide Inovatif Lewat ITSProvement
31 Oktober 2019
Peduli Pendidikan, IKA-ITS Sediakan Beasiswa Bagi Mahasiswa ITS
15 November 2019
Sembilan Kompetensi yang Diharapkan dari Fresh Graduate
27 November 2019
Bantu Pengelolaan Tahura Nuraksa Lewat KKN Tematik
23 Maret 2020
Upayakan Penanggulangan Covid-19, ITS Tantang Mahasiswa se-Indonedia Berinovasi
24 Juli 2020
KKN ITS Kenalkan Pengolahan Limbah Cair pada Masyarakat
08 Maret 2021

Komentar