Logo Eventkampus

Pendaftaran UTBK-SBMPTN Dibuka Hari Ini

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Pendaftaran UTBK-SBMPTN Dibuka Hari Ini

Periode pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dibuka mulai Senin (15/3) pukul 15.00 WIB hingga 1 April mendatang.

UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yang hasilnya digunakan untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN,” ungkap Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Dr. Iva Ariani, Senin (15/3).

UTBK 2021 dapat diikuti oleh siswa lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, 2020, dan 2021, serta lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 dengan umur maksimal 25 tahun. Setiap peserta hanya diperbolehkan untuk mengikuti UTBK 2021 sebanyak satu kali.

Iva menerangkan, peserta UTBK-SBMPTN harus sudah memiliki akun LTMPT. Secara umum, pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 terdiri atas 7 tahapan.

Tahapan pendaftaran dimulai dengan melengkapi biodata. Setelah peserta melakukan konfirmasi permanen biodata, peserta kemudian akan memilih program studi.

Peserta dapat memilih paling banyak dua program studi di PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri mana pun, dengan ketentuan jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), peserta mengikuti kelompok ujian Saintek, dan jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum) maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.

Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.

“Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan dari masing-masing peserta,” terang Iva.

Materi ujian untuk Kelompok Ujian Saintek terdiri atas TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi), sementara untuk Kelompok Ujian Soshum terdiri atas TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Untuk Kelompok Ujian Campuran materi ujian yang akan diikuti meliputi TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Setelah memilih program studi, peserta yang memilih prodi yang mewajibkan portofolio diarahkan untuk mengunggah portofolio sebelum melanjutkan ke tahapan selanjutnya, yaitu pemilihan Pusat UTBK.

Peserta akan melakukan konfirmasi pilihan prodi, Pusat UTBK, dan pembayaran biaya UTBK, sebelum kemudian peserta dapat melihat nomor pendaftaran dan melakukan konfirmasi kartu tanda peserta. Setelah semua tahapan selesai dilakukan, peserta dapat mengunduh kartu peserta UTBK-SBMPTN 2021.

Pelaksanaan UTBK sendiri akan dilakukan dalam dua gelombang. Gelombang pertama pada tanggal 12 – 18 April, dan gelombang kedua pada 26 April – 2 Mei. Pengumuman hasil SBMPTN akan diberikan pada tanggal 14 Juni 2021.

Daftar PTN dan Politeknik Negeri yang dapat dipilih serta daftar PUSAT UTBK PTN dapat diakses di laman ltmpt.ac.id. Daftar program studi Sarjana dan Sarjana Terapan yang ditawarkan di UGM beserta daya tampung masing-masing prodi dapat diakses pada laman um.ugm.ac.id.

 

Penulis: Gloria



Sumber : https://ugm.ac.id/id/berita/20878-pendaftaran-utbk-sbmptn-dibuka-hari-ini

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Tim Peneliti UGM Tingkatkan Produksi Pengrajin Minyak Nilam Kulonprogo
28 Oktober 2019
UGM Dorong Kebijakan Pengelolaan Generasi Sehat
12 November 2019
UGM Kenalkan Jamu ke Generasi Milenial
17 November 2019
UGM Dorong Gerakan Memanen Air Hujan Untuk Atasi Kekeringan
22 November 2019
Menumbuhkan Minat Generasi Muda Berwirausaha Pertanian
29 November 2019
Tim UGM Juarai Kompetisi Advanced Innovation Jam di Jepang
11 Desember 2019

Komentar