Logo Eventkampus

Kiat Membangun Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Kiat Membangun Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa

Dalam gelaran bertajuk Create a Big Motivation to Improve Our Leadership Fadhil mengatakan, hal pertama yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah self-awareness, yang didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengenali dirinya. Dengan kemampuan ini, seseorang dapat memahami kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri mereka. “Kemampuan mengenali diri ini menjadi penting dimiliki sebelum seseorang memimpin orang lain,” papar pria asal Aceh ini.

Kedua, seorang pemimpin harus mampu membangun personal branding. Pembangunan personal branding dapat dilakukan melalui personal web, youtube, atau media sosial lainnya. Fadhil juga mengatakan, akan lebih baik jika seorang pemimpin memiliki sebuah ciri khas atau keunikan. “Hal ini bisa menjadi nilai tambah yang membedakan diri mereka dengan orang lain,” ujar 2nd Runner Up The New L-Men of The Year 2020 ini.

Alumnus Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini juga mengingatkan pentingnya kepercayaan diri bagi seorang pemimpin. Menurutnya, kepercayaan ini dapat dibentuk dengan percaya pada kapasitas dan keterampilan yang dimiliki, kedisiplinan dalam waktu maupun tugas, bertanggung jawab pada tujuan yang ingin diraih, dan berpikiran terbuka terhadap perubahan. “Tak ketinggalan, harus pula memotivasi anggota organisasi, serta menyebarkan pengaruh baik bagi sekitar,” serunya pada Sabtu, (24/04) lalu.

Kemudian, selain membangun rasa percaya diri, seorang pemimpin juga harus membangun kepercayaan. Caranya, dengan menghormati pendapat orang lain, terbuka diantara sesama dengan batasan tertentu, memberi kepercayaan dan otonomi kepada anggota, memunculkan rasa empati antar sesama anggota organisasi, dan mampu merangkul anggota. “Kepercayaan ini akan membantu seorang pemimpin dalam melejitkan capaian tim maupun organisasinya,” sambungnya.

Lebih lanjut, menurut Fadhil, seorang pemimpin harus mampu memberikan masukan, apresiasi, dan saran yang membangun kepada anggota serta bersedia menerima saran atau masukan dari orang. Terakhir, keterampilan seperti bekerja dalam tim, komunikasi, negosiasi, dan manajemen waktu harus dikuasai oleh seorang pemimpin. “Teruslah berusaha membangun jiwa kepemimpinan, fokuslah pada tujuan bukan kelemahan,” tutupnya meyakinkan.

Reporter: Tyara Novia Andhin

Redaktur: Heny Tri Hendardi



Sumber : https://www.its.ac.id/news/2021/04/28/kiat-membangun-jiwa-kepemimpinan-mahasiswa/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Kembangkan Strategi Marketing Retail, Mahasiswa ITS Juarai Kompetisi Bisnis
24 Oktober 2019
ITS Sabet Juara Kompetisi Statistik Nasional
28 Oktober 2019
Doktor ITS Inovasikan Lumpur dalam Pengolahan Air Limbah
30 Desember 2019
Rancang Mobile Robot untuk Inspeksi Kebocoran Gas, Raih Doktor di ITS
27 Februari 2020
Menyoal Kualitas Film Indonesia, Layak kah?
30 Maret 2020
Satu-satunya dari Indonesia, Dosen ITS Menjadi Anggota Ilmuwan Muda Dunia
24 April 2020

Komentar