Logo Eventkampus

Suroboyo Bus, Alternatif Kurangi Kemacetan di Kota Surabaya

access_time | label Berita
Bagikan artikel ini
Suroboyo Bus, Alternatif Kurangi Kemacetan di Kota Surabaya

Setidaknya untuk memperbaiki sistem transportasi di Surabaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya untuk mencarikan berbagai solusi. Dengan melihat kondisi yang ada, kemacetan di Kota Surabaya dirasa sudah semakin parah. Pertumbuhan transportasi yang ada tidak diimbangi dengan pertambahan luas jalan di Kota Surabaya. Sehingga kapasitas jalannya tidak memadai dan mengakibatkan kemacetan. Disisi lain, sarana transportasi umum di Kota Surabaya masih tidak cukup banyak.

Sebagai salah satu mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), sudah cukup sering bagi saya menggunakan Suroboyo Bus. Terutama untuk akomodasi menuju Terminal Purabaya Bungurasih ketika ingin pulang kampung. Pertimbangan biaya menjadi salah satu alasan untuk menggunakan moda transportasi ini. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan Suroboyo Bus, pembayaran cukup dengan tiga botol air mineral kosong ukuran besar saja. Tidak banyak merogoh kocek, kita bisa sampai ke tempat tujuan dengan mudah, murah, aman, dan nyaman.

Seperti yang kita ketahui, Suroboyo Bus ini sudah mendapat hati disebagian masyarakat, sehingga perlu adanya perkembangan yang lebih baik supaya mampu memberikan pelayanan yang maksimal. Hal ini dikarenakan pada jam-jam sibuk, bus ini menjadi primadona mobilisasi pekerja sehingga harus rela berdesak-desakan dengan yang lain. Melihat kondisi itu, Pemkot Surabaya perlu mempertimbangkan untuk menambah jumlah armada yang beroperasi saat jam-jam sibuk. Selain itu, diharapkan adanya jalur khusus bagi Suroboyo Bus supaya bisa memiliki waktu tempuh yang singkat.

Penambahan kecepatan juga perlu dipertimbangkan karena jangan sampai dengan adanya keberadaan Suroboyo Bus ini malah menambah masalah kemacetan di Surabaya. Pemkot Surabaya juga perlu menyiapkan alternatif sarana transportasi umum yang lain untuk memudahkan mobilisasi masyarakat.

Perbaikan sarana transportasi umum adalah salah satu solusi yang dapat diambil oleh Kota Surabaya. Mengingat dampak kerugian yang ditimbulkan dari kemacetan cukup banyak, dengan hadirnya sarana transportasi umum yang baik maka akan mengurangi permasalahan yang ada. Tentunya transportasi umum yang dibuat harus dapat menarik minat masyarakat untuk berpindah dari angkutan pribadi ke angkutan umum. Dengan begitu lambat laun kemacetan di Kota Surabaya akan dapat teratasi.

Ditulis oleh
Dhidan Tomyagistyawan
Mahasiswa S-1 Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota
Angkatan 2019


Sumber : https://www.its.ac.id/news/2019/10/24/suroboyo-bus-alternatif-kurangi-kemacetan-di-kota-surabaya/

Penulis

foto Berita Kampus
Berita Kampus
Namaku Tom, saya akan memberikan informasi/ berita seputar kampus yang ada di Indonesia

Artikel Terkait

Ilustrasikan Sosok Wanita Hebat, Mahasiswa ITS Sarat Kreativitas
24 Oktober 2019
ITS Sabet Juara Kompetisi Statistik Nasional
28 Oktober 2019
Doktor ITS Inovasikan Lumpur dalam Pengolahan Air Limbah
30 Desember 2019
Rancang Mobile Robot untuk Inspeksi Kebocoran Gas, Raih Doktor di ITS
27 Februari 2020
Menyoal Kualitas Film Indonesia, Layak kah?
30 Maret 2020
Satu-satunya dari Indonesia, Dosen ITS Menjadi Anggota Ilmuwan Muda Dunia
24 April 2020

Komentar