Logo Eventkampus

Soto - Nama boleh sama tapi rasa tidak sama

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Soto - Nama boleh sama tapi rasa tidak sama

Apakah kalian pernah mendengar makanan dengan nama “soto”? Jika sudah, mungkin bayangan soto akan berbeda-beda diantara kita. Perbedaan tersebut dikarenakan setiap daerah memiliki bumbu dan isian yang khas, sehingga rasa tidak sama.

Dalam artikel kali ini saya akan menulis sedikit mengenai soto yang ada di Indonesia, langsung saja ini dia.

Soto Kwali

Soto Kwali
(instagram@sotokwali)

Cerita soto ini saya mulai dengan yang dekat dengan tempat kelahiran saya. Soto kwali, soto yang khas untuk daerah solo. Nama “kwali” diambil dari alat memasak soto tersebut yaitu kuali yang terbuat dari tanah liat. Soto kwali biasanya berisi daging, tauge, seledri, dengan kuah yang bening. Soto kwali sering disajikan dengan menggunakan mangkok kecil, sehingga jika lapar bisa habis lebih dari 1 porsi.

Soto Betawi

Soto Betawi, soto yang mengingatkan saya dengan masa-masa kuliah di Bandung. Disanalah pertama kali saya mencoba soto betawi. Soto betawi memiliki kuah yang sangat khas, karena menggunakan santan dan susu. Selain kuah, isi soto betawi juga sangat beragam, selain daging soto betawi juga dapat berisi dengan jeroan, hati, tulang lunak, mata, torpedo (biasanya ketika memesan dapat memilih isi yang diinginkan).

Soto/ Coto Makassar

Soto/ Coto Makassar
(https://www.piknikdong.com/resep-coto-makassar-2.html)

Dulu ketika saya kuliah, saya memiliki teman yang berasal dari Makassar. Kata dia Coto Makassar ini terkenal enak, tetapi sampai sekarang saya belum sempat mencobanya. Menurut yoursay.suara.com coto Makassar merupakan salah satu makanan kuah tertua yang ada di Indonesia. Coto Makassar sudah ada dari zaman Kerajaan Goa kurang lebih pada abad ke 16M. Coto Makassar mempunya rasa yang khas karena menggunakan banyak rempah-rempah. Coto Makassar juga menggunakan isian berupa daging dan jeroan.

Soto Lamongan

Soto Lamongan
(Instagram@resepmakanan_nusantara)

Soto Lamongan, soto dengan kuah khas berwarna kuning. Warna kuning soto lamongan dikarenakan bumbu kunyit. Tidak lupa dengan taburan bubuk koya. Isi dari soto koya biasanya menggunakan daging, tauge, telur, tomat, dan kol.

Soto Medan

Soto Medan
(https://www.langsungenak.com/soto-medan-by-millati-amalia/)

Soto Medan, soto yang juga memiliki warna kuning seperti soto lamongan, tetapi juga kehijauan. Warna tersebut dikarenakan dikarenakan santan dan rempah yang ada didalamnya. Selain membuat warna kuning kehijauan, rempah di soto Medan juga menciptakan aroma yang nikmat. Isi soto medan terdiri dari bihun, tauge, suwiran daging ayam atau potongan daging sapi, potongan telur rebus, tomat, bawang goreng, daun bawang, daun seledri, dan kerupuk merah.



Sementara itu dulu, sebenarnya masih banyak lagi macam-macam soto yang ada di Indonesia seperti Soto Sokaraja, Soto Padang, Soto Kebumen, Soto Pacitan, Soto Madura, dan soto soto lainnya.



Sumber:

https://kumparan.com/Resep-makanan/resep-soto-ayam-kampung-untuk-menghangatkan-tubuh-di-musim-penghujan-1urA1aH1yim

https://www.briliofood.net/foodpedia/16-jenis-soto-khas-indonesia-ini-bikin-ngiler-mana-favoritmu-210506d.html

https://yoursay.suara.com/ulasan/2021/10/29/181141/coto-makassar-kuliner-sulawesi-yang-wajib-diuji

https://travel.tribunnews.com/2017/09/28/punya-ciri-khas-inilah-perbedaan-soto-lamongan-dengan-soto-lainnya

https://www.kompasiana.com/ticha13/61568c4428817532cc1259d2/soto-medan-legendaris-ini-belum-banyak-diketahui-orang

https://batam.tribunnews.com/2018/03/20/nikmatnya-soto-medan-berkuah-santan-gurih-dengan-aroma-rempah

Penulis

foto Doyan Makan
Doyan Makan
Hanya bercerita tentang makanan

Artikel Terkait

Sejarah dan cerita awal Coklat - Cerita Coklat #1
08 Desember 2021
Kenapa makan coklat ? - Cerita Coklat #2
15 Desember 2021
Nasi Goreng
29 Desember 2021

Komentar