Logo Eventkampus

Sejarah dan cerita awal Coklat - Cerita Coklat #1

access_time | label Lainnya
Bagikan artikel ini
Sejarah dan cerita awal Coklat - Cerita Coklat #1

Siapa sih yang tidak kenal dengan coklat, sesuatu yang sangat identik dengan hal yang manis. Coklat sering digunakan untuk permen, kue, es krim, dan minuman. Coklat juga hal sering diberikan ke orang yang dekat, disayangi, dicintai dalam perayaan valentine.

 

Coklat merupakan hasil olahan dari biji pohon kakao, yang diperkirakan awal tumbuh di daerah Amazon utara hingga ke Amerika Tengah sampai Meksiko. Menurut buku “The True History of Chocolate” coklat sudah mulai digunakan bahkan pada tahun 1400 SM. Di masa lalu penggunaan coklat tidak seperti sekarang.

 

Berikut ini adalah sejarah dan perjalanan coklat yang saya dapat dari beberapa sumber

 

1100 - 1400 SM (Puerto Escondido, Honduras)

Terdapat situs pengolahan cokelat di Puerto Escondido, Honduras. Diperkirakan digunakan untuk minuman, gula alami untuk minuman beralkohol, obat

 

450 - 500 SM (Mesoamerika di Río Azul, Guatemala Utara)

Terdapat tembikar yang digunakan oleh suku Maya kuno. Diperkirakan digunakan untuk membuat minuman yang disebut xocolātl yang memiliki arti minuman yang pahit. Coklat juga digunakan menjadi simbol kemakmuran dan status penting pada masa itu.

 

900 SM - 1500 (Toltec, Astec, Meso-Amerika)

Selain untuk minuman, biji kokoa juga digunakan untuk upacara keagamaan dan hadiah

 

1544 (Spanyol)

Delegasi Kekchi dari Guatemala mengunjungi Istana Spanyol, membawa hadiah yang salah satunya adalah minuman coklat. Pada awalnya coklat tidak cocok dengan lidah orang Eropa karena rasanya pahit, sehingga ditambahkan madu dan gula. Di masa ini coklat mulai dikenal luas di dunia.

 

 

 

 

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Cokelat

https://www.medcom.id/rona/wisata-kuliner/nbwQnQEK-sejarah-panjang-cokelat-dimulai-sejak-suku-maya-meminum-cokelat-tahun400-sm

https://ditpui.ugm.ac.id/sejarah-cokelat-dunia/

 

Penulis

foto Doyan Makan
Doyan Makan
Hanya bercerita tentang makanan

Artikel Terkait

Kenapa makan coklat ? - Cerita Coklat #2
15 Desember 2021
Soto - Nama boleh sama tapi rasa tidak sama
22 Desember 2021
Nasi Goreng
29 Desember 2021

Komentar