Logo Eventkampus

PILIH SASTRA INGGRIS ATAU PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ? LOH, EMANG BEDA ????

access_time | label Ngampus
Bagikan artikel ini
PILIH SASTRA INGGRIS ATAU PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ? LOH, EMANG BEDA ????


Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tingi memang menjadi salah satu pilihan bagi beberapa siswa yang baru saja tamat SMA. Bukan hanya universitas, namun juga berbagai jurusan yang ada tentu saja sedikit membingungkan untuk memilih jurusan yang paling tepat dan sesuai dengan minat kita. Buat kalian yang suka dengan bahasa inggris, tentunya kalian nggak asing dong dengan jurusan Sastra Inggris dengan Pendidikan Bahasa Inggris. Loh, emang beda ya ? Nah, sebelum terlanjur salah memilih jurusan, mari kita simak penjelasan berikut tentang perbedaan diantara keduanya ya guys..

  1. Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris sama-sama mempelajari tentang basic skill, seperti grammar, reading, writing, listening, dan juga speaking. Namun bukan hanya itu saja yang dipelajari dalam kedua jurusan ini loh. Di jurusan Sastra Inggris kita juga akan mempelajari tentang unsur kebahasaan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam karya sastra seperti novel, film, puisi, dan sebagainya. Nah, kalau di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris kita akan mempelajari bagaimana merancang silabus dan cara-cara mengajar bahasa inggris untuk siswa.
  2. Skripsi untuk jurusan Sastra Inggris lebih banyak menganalisa tentang film, novel, music, dan karya sastra lainnya. Selain itu kita juga dapat menganalisa mengenai tutur kata yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Sedangkan skripsi untuk jurusan Pendidikan Bahasa Inggris akan lebih membahas tentang pengajaran bahasa inggris, baik pembelajaran secara formal maupun non-formal.
  3. Gelar yang disandang oleh mahasisawa jurusan Sastra Inggris adalah S.S (Sarjana Sastra) atau bisa juga S.Hum (Sarjana Humaniora). Sedangkan gelar untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris adalah S.Pd (Sarjana Pendidikan)
  4. Karir yang bisa diambil oleh mahasiswa jurusan Sastra Inggris sangatlah luas. Mulai dari translator, interpreter, tour guide, public speaker, sastrawan, editor, dan masih banyak lagi. Sedangkan karir untuk mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris adalah sebagai tenaga pengajar, baik dalam lembaga pendidikan formal maupun non-formal. Selain itu, mahasiswa jurusan ini juga tidak menutup kemungkinan untuk menjadi seorang translator.

Nah itu tadi beberapa perbedaan antara jurusan Sastra Inggris dengan Pendidikan Bahasa Inggris. Kalian lebih prefer yang mana guys? Jangan sampai salah pilih ya..

 


Penulis

foto WikkaAviliani
WikkaAviliani

Artikel Terkait

Surat Terbuka Siswa untuk Pak Semangat
05 Juni 2017
Tips Tips Agar Kamu Gak Salah Pilih Jurusan Kuliah
15 Februari 2018
Kerja dan kuliah dengan sistem online
12 November 2019
Cara efektif membagi waktu kuliah dengan bekerja
18 November 2019
Tren Terbaru Metode Belajar Berbasis Online
20 November 2019
JADI GURU LES PADAHAL MASIH KULIAH, KOK BISA???
24 Maret 2022

Komentar