Logo Eventkampus

ANAK MUDA DISURUH NGATUR KEUANGAN SENDIRI? EMANG BISA???

access_time | label Tips & Trik
Bagikan artikel ini
ANAK MUDA DISURUH NGATUR KEUANGAN SENDIRI? EMANG BISA???

Mengatur keuangan di usia muda memang bukanlah hal yang baru. Namun sadar atau tidak, banyak diantara kita yang masih kesulitan untuk melakukannya. Baru sehari gajian udah habis aja uangnya. Kebiasaan hidup yang konsumtif lah penyebabnya. Kita harus belajar menghemat dan lebih mengutamakan kebutuhan daripada keinginan. Nah maka dari itu, kita perlu untuk mengatur keuangan kita. Terlebih nantinya kita akan berkeluarga dan pastinya lebih komplikatif lagi dalam mengatur keuangan. So, gimana sih caranya untuk membiasakan diri untuk mengatur keuangan kita?

 

 

  • Membuat budgeting dan melakukan pencatatan keuangan.

Jangan lupa untuk mencatat setiap income dan pengeluaran kita setiap harinya ya guys. Hal sekecil ini ternyata sangatlah penting dilakukan untuk mengatur keuangan kita loh.

  • Mengurangi makan di luar

Makan di luar memang sangat menyenangkan. Namun siapa sangka hal ini dapat menyebabkan sikap boros loh. Lebih baik makan di rumah bersama keluarga. Selain bisa menghemat, hal ini juga dapat mempererat rasa kekeluargaan kita.

  • Jangan tergoda diskon/promo di marketplace

Banyak sekali potongan harga yang ditawarkan dalam marketplace. Mulai dari diskon makanan sampai promo fashoin. Jangan mudah tergiur jika itu memang bukan kebutuhan yang mendesak ya guys. Mungkin kita berpikir jika diskon ataupun promo juga bisa menghemat pengeluaran kita, padahal tidak ya. Itu hanyalah jebakan Misalnya saja ada diskon baju 50% dari harga normal RP 100.000. Padahal ini bukanlah kebutuhan yang mendesak dan bisa ditunda terlebih dahulu, tapi pasti kita akan merasa diuntungkan karena bisa menghemat Rp 50.000. Tapi bukankah kita bisa menghemat Rp 100.000 jika tidak membelinya?

  • Mulai membaca buku tentang personal finance

Mungkin kita bisa mencari referensi untuk mengatur keuangan kita dari buku-buku maupun media lainnya.

  • Mulai konsisten berinvestasi

Jangan menunda untuk berinvestasi untuk keuangan jangka panjang. Berbagai investasi dapat dilakukan, namun tetaplah berhati-hati dan jangan sampai salah pilih ya..

  • Miliki multiple stream of income

Mulai sekarang berpikirlah untuk mempunyai pendapatan yang lebih. Hal ini bisa didapatkan dari pekerjaan sampingan yang sesuai dengan hobi kita loh.


Nah, itu tadi beberapa tips untuk mengatur keuangan dari saya, semoga bermanfaat…

 

Penulis

foto WikkaAviliani
WikkaAviliani

Komentar